Berita Humas: Rektor Universitas Islam Negeri Mataram Prof Dr H. Mutawali, MAg menyampaikan bahwa santri memiliki kerendahan hati dan cinta tanah air, menurutnya saat ini, santri tidak hanya bisa baca kitab kuning, tetapi juga mengamalkan hubbul wathon minal iman. Oleh karena itu, jiwa santri cinta pada tanah air.

Hal tersebut disampaikan rektor saat apel peringatan Hari Santri Nasional (HSN) ke -4 tahun 2018, Senin (22/10). Upacara yang diselenggarakan di halaman rektorat yang diikuti oleh sivitas UIN Mataram, peserta upacara mengenakan seragam baju putih, dan kopyah hitam bagi laki-laki dan perempuan menyesuaikan.

Prof Mutawali mengingatkan kepada peserta upacara agar momentum HSN ini sebagai wujud refleksi dan rasa syukur atas perjuangan para pahlawan serta pendiri bangsa.  Selain itu, ia mengajak untuk tetap setia dan menjaga ideologi bangsa serta dasar negara yakni pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan bhinneka tunggal ika.

Guru Besar Filsafat Islam tersebut yang juga bertindak selaku inspektur upacara menegaskan bahwa “Saat ini Islam di Indonesia sedang dihadapkan dengan paham-paham baru. Andaikan Islam Indonesia tidak kuat, tidak ada santri, pasti bisa terjadi gejolak seperti di Timur Tengah,” imbaunya.

Di tengah derasnya arus informasi saat ini, rektor juga menghimbau untuk tidak terjebak dengan fitnah dan berita bohong. “Kalau saat ini ada fitnah, hoax, kita jangan sampai ikut-ikutanan. Kita harus menjadi penengah dan cerdas dalam memilah dan menyebar informasi,” tambahnya.

Disisi lain, UIN Mataram di hari Santri Nasional 2018 ini sangat bergembira dengan raihan prestasi yang dipersembahkan oleh mahasiswi Khaeratin Shoaliha Jurusan Tadris Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan yang tampil sempurna menjadi The Winer pada ajang kontestasi karya tulis ilmiyah Juara Satu Piala Presiden RI Tahun 2018.

Rektor memberikan apresiasi terhadap prestasi yang telah diraih oleh ananda Khaeratin Shoaliha yang telah mengangkat citra lembaga di tingkat Nasional, begitu juga dengan ketua jurusan Tadris Fisika Dr. Bahtiar serta Wakil Dekan Satu Bidang Akademik Dr. Abdul Quddus akan memberikan penghargaan kepada siapapun mahasiswa berprestasi, hal tersebut disampaikan pada saat wawancara exlusive sesaat setelah selesai peringatan hari santri di lapangan rektorat kampus satu. Wallahu A’lam (Adita@humasuin)

%d blogger menyukai ini: