Berita Humas: Rektor Universitas Islam Negeri Mataram melalui bagian kepegawaian melakukan sosialisasi sebagai tindak lanjut Surat Sekretariat Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia No. B-16591/SJ.II/B.2/04/2018 tentang Sasaran Kerja Pegawai Berbasis Elektronik yang merupakan satu inovasi dalam rangka meningkatkan akuntabilitas penilaian prestasi kerja pegawai negeri sipil di lingkup kementerian agama, Jum’at (31/08).

Kepala Bagian Organisasi dan Kepegawaian Saroji Ilham, S.Sos.,M.H. dalam laporannya menyampaikan bahwa sebagai bentuk implementasi dari Surat Edaran Sekjen Kemenag RI No. 15 Tahun 2018 yang mewajibkan ASN di lungkup kementerian agama termasuk UIN mataram untuk melakukan pelaporan kinerja harian melalui sistem aplikasi laporan kinerja harian berbasis online melalui Sistem Informasi Elektronik Kinerja ASN (Si-EKA).

Sementara itu Kepala Biro AUPKK menyampaikan bahwa setiap ASN memiliki kewajiban bekerja 7,5 jam setiap hari kerja, selanjutnya dalam waktu tersebut memiliki kewajiban untuk melaksanakan tugas pokok harus berada di kantor untuk melakukan tugas dan fungsi, kemudian melalui sistem Si-EKA nantinya semua pekerjaan harus terrecording dengan baik setiap agenda kerja harian, bulanan dan akan muncul akumulasi tahunan.

Rektor UIN Mataram dalam membuka acara diwakili oleh Wakil Rektor Dua Dr Faizah, MA. menyampaikan bahwa inovasi penting dalam rangka meningkatkan kinerja ASN adalah melalui upaya disiplin dalam melaporkan tugas pokok, tugas tambahan dan juga tugas produktivitas melalui aplikasi yang cukup bagus dan memudahkan, bahkan dapat dilakukan melalui HP.

Leboh lanjut Warek Dua mengharapkan kepada seluruh ASN UIN Mataram untuk dapat melakukan rincian tugas dari waktu ke waktu sejak melakukan pinjer print semuanya harus tercatat, perlu ada buku harian untuk mencatat rincian tugas yang terlaksana setiap hari jam kerja. Kelihatanya aplikasi ini merupakan barang baru yang terkesan rumit dan sulit, namun kita harus mampu melakukanya mulai tahun ini, pada prinsipnya kita siap menerapkan aplikasi yang sangat memudahkan dalam senyum SI-EKA.

Setelah selesai dibuka oleh Warek Dua, kemudian secara tekhnis penjelasan aplikasi SI-EKA dipandu oleh Kasubag Kepegawaian Ruslan Abdul Ghani, M. HI. Kegiatan yang direncanakan berlangsung selama sehari di Lesehan Gading Jl. Ahmad Yani Sayang-sayang diharapkan semua peserta dapat memahami sistem kerja aplikasi SI-EKA, sehingga diharapkan juga dapat melakukan sosialisasi secara internal di unit kerja masing-masing.

Ruslan AG. Menambahkan bahwa sebanyak 365 ASN UIN Mataram pegawai dan dosen diwajibkan untuk melakukan pelaporan melalui aplikasi SI-EKA akan diterapkan mulai tahun ini, bahkan sudah beberapa PTKIN yang sudah mulai menerapkan, sedangkan kita UIN Mataram masih baru dalam tahap sosialisasi untuk menerapkan SE Sekjen No. 15 tahun 2018 mengamanahkan untuk melakukan laporan kinerja harian bagi semua SN Kementerian Agama, termasuk UIN Mataram.  Wallahu A’lam (Adita@humasuin)

%d blogger menyukai ini: