Berita Humas: Sambutan Ketua International Association of Institution of Teaching Arabic Language for Non-Arabic Speakers, Prancis Dr. Abdullah bin Sholeh al-Ubaid, kemudian sambutan Mantan Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Syaikh Mustafa al-Mubarak.

Ketua pusat pengembangan bahasa (P2B UIN Mataram) Dr. H. Lalu Supriadi yang juga sebagai ketua panitia menjelaskan tujuan konferensi ini adalah mendiskusikan dan merumuskan berbagai permasalahan pembelajaran bahasa Arab & sastra, agama Islam, serta menemukan solusi atas berbagai problematika yang dihadapi. Selanjutnya mendiskusikan aspek-aspek nilai dalam pembelajaran bahasa & sastra Arab.

15 narasumber sudah menyatakan kesanggupanya untuk menyajikan materi pada konferensi internasional yang dilanjutkan dengan diskusi mengenai berbagai penelitian dan penemuan terkait perkembangan dan interaksi bahasa dan sastra Arab. Selain dari luar negeri, terdapat puluhan universitas dalam negeri yang sudah konfirmasi sebagai peserta konferensi, adapun yang hadir terdiri atas dosen, peneliti, dan dosen bahasa Arab.

Rektor mengapresiasi kegiatan yang diprakarsai oleh UPT. Pusat Pengembangan Bahasa UIN Mataram rencananya akan dipusatkan pelaksanaannya di Hotel Jayakarta Senggigi tanggal 21 – 22 Juli 2018 yang mengusung tema “Pengajaran bahasa Arab untuk tujuan wisata dan bisnis”.

Dr. Young Lung adalah Penasehat Kementerian Luar Negeri Republik Rakyat Cina yang juga sebagai wakil Direktur Kajian Studi Asing dan Direktur Pusat Studi Negara-Negara Teluk di Universitas Ekonomi dan Bisnis Internasional Peking RRC dinyatakan siap hadir pada acara yang merupakan kedua kalinya UIN Mataram dipercayakan sebagai pelaksana kegiatan bertaraf internasional tersebut.

Prof. Mutawali berharap agar kegiatan internasional dapat juga mendorong kreatifitas dan inovasi pembelajaran bahasa Arab dan agama Islam serta untuk memberikan wadah bagi pertemuan ilmiah akademik dalam bidang agama Islam, bahasa Arab, dan pengajarannya. Wallahu A’lam . (Adita@humasuin)

 

%d blogger menyukai ini: