Berita Humas: Rektor Universitas Islam Negeri Mataram Prof. Dr. H. Mutawali yang merupakan guru besar bidang ilmu filsafat Islam mengajak kepada seluruh civitas akademika UIN mataram melalui program Khazanah Romadhon yang diiisi dengan kajian rutin di Musholla Kampus satu setiap hari dan diikuti oleh semua unsur pimpinan, karyawan dan mahasiswa.

Topik kali ini Rabu, (06/06) adalah mengkaji tentang “Temat, Hari dan Waktu Istimewa” adapun konsep keistimewan yang dimaksud adalah menggunakan standar keistimewaan ukhrowi yang telah diatur dan ditetapkan oleh Allah Swt. Seperti pahala beribadah di Masjidil Harom di Kota Makkah dan Masjid Nabawi di Kota Madinah. Selain tempat istimewa tersebut perlu juga mengenal hari, malam dan juga waktu yang istimewa.

Mengenai tempat istimewa sebagaimana yang dijelaskan dalam Hadis riwayat Imam Muslim, dari Abdullah Ibnu Adi bercerita bahwa pada saat Nabi Muhammad Saw meninggalkan kota Makkah, ketika sampai di perbatasan pinggiran kota Makkah beliau membalikkan tubuhnya sambil berkata “Sungguh engkau kota makah merupakan kota yang paling mulia dari seluruh tempat yang ada di muka bumi ini, dan sungguh engkau merupakan tanah yang paling di cintai oleh Allah Swt. begitu juga dengan kota madinah sebagai tempat yang mulia dan istimewa.

Begitu juga dengan waktu istimewa yang telah ditentukan oleh Allah Swt. adalah terdiri dari bulan istimewa sebagaimana yang dijelaskan dalam hadis Imam AT-Tirmizi yaitu terdapat bulan istimewa yaitu bulan romadhon yang terjadi sekali dalam setahun, terdapat juga hari yang istimewa yaitu hari Arofah 9 Zulhijjah yang datangnya juga sekali dalam setahun, selanjutnya malam yang istimewa yaitu malam lailatul Qodr yang juga datangnya sekali dalam setahun.

Selain tempat, hari, malam yang istimewa terdapat juga waktu atau saat istimewa yaitu sepertiga malam terakhir, waktu tersebut merupakan waktu yang sangat istimewa untuk beribadah kepada Allah Swt. Adapaun waktu tersebut terjadi pada setiap malam tanpa harus menunggu bulan romadhon ataupun zulhijjah, melainkan setiap sepertiga malam terakhir selalu menjadi saat yang istimewa dengan berbagai keutamaan dan keistimewaan.

Beruntunglah orang-orang yang masih memiliki hati yang tergerak untuk melakukan kebaikan di atas bumi Allah Swt dengan cara mengisi dengan berbagai amal sholeh pada tempat istimewa, bulan istimewa, hari istimewa, malam istimewa dan setiap minggu kita diberikan hari yang istimewa yaitu hari jumat dan setiap malam diberikan saat yang istimewa yaitu spertiga malam terakhir.  Wallahu A’lam (Adita@humasuin).

%d blogger menyukai ini: