Berita Humas: Rektor Universitas Islam Negeri Mataram Prof. Dr. H. Mutawali yang merupakan guru besar bidang ilmu filsafat Islam mengajak kepada seluruh civitas akademika UIN mataram melalui program Khazanah Romadhon yang diiisi dengan kajian rutin di Musholla Kampus satu setiap hari dan diikuti oleh semua unsur pimpinan, karyawan dan mahasiswa.

Topik kali ini, Selasa (05/06) mengkaji tentang keutamaan majlis seperti majlis kajian yang dilaksanakan secara rutin selama program khazanah romadhon ini merupakan satu bentuk majelis yang dicontohkan baginda Nabi Bedar Muhammad Saw bersama para sahabat yang memiliki beberapa keutamaan dan kemuliyaan di hadapan Allah Swt.

Sebagaimana yang diriwayatkan dalam hadis shoheh oleh Imam Muslim yang mengedepankan beberapa keutamaan jika duduk dalam majlis ilmu atau majlis zikir yang didalamnya berkumpul dengan tujuan mengingat, memuji kebesaran Allah, Swt. Yaitu setidaknya ada 4 balasan sekaligus yang akan didapatkan oleh setiap orang yang senantiasa gemar menghadiri majlis diantaranya adalah:

Pertama majlis tersebut akan dikelilingi oleh para malaikat, artinya bahwa perkumpulan atau majlis tersebut dikelilingi dan diaminkan oleh para malaikat yang jumlahnya lebih banyak dari jumlah orang yang duduk di suatu majlis tersebut.

Kedua majelis tersebut akan diliputi oleh rahmah atau kasih sayang Alloh swt artinya bahwa semakin sering menghadiri majlis yang membicarakan tentang kebesaran Allah maka semakin banyak rahmat Allah Swt yang tercurah kepadanya.

Ketiga akan diberikan sakinah atau merasakan kedamaian dan ketenangan hati selama berada duduk di dalam suatu majlis, tentu akan beda rasanya ketika berada di sebuah kerumunan yang didalamnya tidak terdapat unsur memuji atau membicarakan kebesaran Allah Swt.

Keempat akan dibanggakan oleh Alloh swt di hadapan para malaikat, artinya bahwa semakin sering kita meghadiri majlis taklim atau majlis yang membicarakan tentang kebesaran Allah Swt, maka nama-nama ahli majlis akan tertulis dan terucap dikenal oleh penduduk langit.

Semoga kita senantiasa menyempatkan waktu untuk gemar menghadiri berbagai majlis ilmu dan majlis zikir sehingga akan mendapatkan 4 keutamaan sekaligus yaitu dikelilingi dan diaminkan oleh malaikat, mendapatkan curahan rahmat kasih sayang Allah, mendapatkan kedamaian hati, dan tercatat sebagai ahli majlis yang dibanggakan di hadapan penduduk langit.  Wallahu A’lam (Adita@humasuin).

%d blogger menyukai ini: