Berita Humas: Universitas Islam Negeri Mataram bersama seluruh PTKIN menggelar Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri  atau yang dikenal dengan nama jalur UM PTKIN yang merupakan tahap penerimaan jalur kedua setelah melalui SPAN.  Jalur kedua ini dilaksanakan dalam bentuk Paper Base Test dan Computer Base Test yang dilaksankan secara serempak dalam waktu yang sama secara nasional pada hari ini, Selasa (22/05).

Ketua panitia Lokal UMPTKIN UIN Mataram, Dr. H. Fahrurrozi  mengungkapkan secara tekhnis dalam ujian ini sebanyak 109 ruangan yang digunakan untuk ujian tulis, dan satu ruangan untuk ujian berbasis komputer. Panitia juga menyiapkan sistem pengawasan yang cukup ketat yaitu mengerahkan 220 orang pengawas dalam pelaksanaan ujian ini, sehingga tak ada ruang untuk melakukan kecurangan, adapun jumlah peserta ujian hari ini sebanyak 2 151 orang.

Prof H. Masnun selaku penanggungjawab lokal UM PTKIN bersama panitia pusat melakukan pemantauan ke semua lokasi ujian baik di kampus satu dan juga kampus dua, ujian dimulai pukul 08.00 dan berakhir pukul 12.30 Wita, seluruh lembar jawaban akan dikirim ke panitia pusat untuk selanjutnya penentuan kelulusan peserta akan ditentukan berdasarkan nilai tertinggi dan memenuhi passing grade yang telah ditentukan oleh panitia nasional.

Wakil Rektor bidang akademik tersebut menambahkan, jumlah peserta UMPTKIN UIN Mataram terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, hal tersebut tentunya menunjukkan tingkat kepercayaan masyarakat semakin bagus, sejalan dengan berbagai upaya peningkatan mutu layanan pendidikan yang dilakukan secara berkesinambungan.

Dalam pantauan humas, proses pelaksanaan ujian berlangsung sukses, dan lancer, hal tersebut menunjukkan kolaborasi yang baik semua unsur pimpinan, kesiapan panitia dengan seluruh perangkat yang dibutuhkan, serta koordinasi panitia pusat dan lokal yang tepat. Wallahu A’lam (Adita@humasuin)      

%d blogger menyukai ini: