Berita Humas: Rektor Universitas Islam Negeri Mataram Prof. Dr. H. Mutawali didampingi oleh wakil rektor satu, dua dan tiga mengikuti Focus Groud Discussion Forum Pimpinan PTKIN yang  menghadirkan Prof. Arskal Salim GP, Direktur Diktis Kemenag RI dan diikuti oleh semua Pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan di Hotel Pangeran Pekanbaru, Riau, Rabu (02/05)

Pada kesempatan tersebut, Direktur Diktis  mengajak para pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam untuk menyambut program Mengasah Jati Diri (Mengaji) Indonesia yang ditargetkan dapat terlaksana dua kali setiap bulan. Untuk efektifitas dann efisiensi, kehadiran Menteri Agama bisa dirangkaikan dengan acara lainnya seperti kegiatan wisuda, peresmian gedung dan lainnya kemudian dilanjutkan dengan Mengaji Indonesia.

Arskal Salim menambahkan, PTKIN sudah semestinya menjadi agen yang bisa menjelaskan isu-isu kekinian dan dapat dijadikan rujukan oleh masyarakat, mampu mengimbangi penyebearan informasi yang tak jelas sumbernya di media sosial. Dalam catatanya, beberapa Universitas telah sukses menggelar kegiatan tersebut dan dalam waktu dekat UIN Mataram siap sebagai tuan rumah untuk program Mengaji Indonesia yang dijadwalkan sekitar akhir Mei.

Sedangkan Prof. Dede Rosyada, Ketua Forum Pimpinan PTKI berharap melalui kegiatan forum pimpinan untuk terus memikirkan kemajuan kampus dengan memperbanyak ruang diskusi ke arah yang positif.  Setidaknya ada tiga hal yang mesti diperhatikan yaitu kualitas, relevansi dan akses. Tahun ini akan dimulai ada pertukaran dosen, selanjutnya juga guru besar terbaik di kampus tertentu bisa mengajar di kampus PTKIN lainnya di seluruh Indonesia.

Lebih lanjut beliau juga mengajak PTKIN berlomba-lomba menerbitkan karya untuk publikasi internasional, melalui gerakan yang berorientasi pada shopping ideas. Jumlah publikasi internasional harus ditingkatkan, minimal satu dosen punya satu karya dipublikasi internasional.  Bahkan yang menjadi sangat penting juga adalah melakukan penelitian/riset yang connected dengan dunia industri.  Wallahu A’lam (Adita@humasuin).

 

%d blogger menyukai ini: