Berita Humas: Rektor Prof. Dr. H. Mutawali bersama wakil rektor bidang akademik Prof. Dr. H. Masnun mengikuti kegiatan Focus Group Discassion  Seleksi Prestasi Akademik Nasional pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN) yang memasuki tahap akhir yang berlangsung di Jakarta, Kamis (26/04).

Wakil rektor satu Prof. Masnun yang lebih dikenal dengan sapaan akrabnya Guru Nun menjelaskan bahwa proses penilaian dokumen sekolah dan siswa telah dilakukan secara serentak di tingkat nasional, dan berakhir pada 25 April kemarin.  Selanjutnya saat ini, seluruh PTKIN telah memiliki draft hasil seleksi nama calon mahasiswa yang hasil seleksi tersebut akan diumumkan pada tanggal 1 Mei 2018 mendatang.

Ketua Panitia SPAN PTKIN Musafir dalam forum diskusi pembahasan dan penetapan kelulusan di Jakarta menyatakan bahwa pelaksanaan SPAN PTKIN berazaskan keadilan, transparan, dan tidak diskrimatif.  Selanjutnya hasil seleksi yang berlangsung dua tahap sejak tanggal 1 April 2018 lalu harus dapat dipertanggungjawabkan secara akademik dan yuridis di hadapan public.

Rektor UIN Mataram dalam kegiatan tersebut mengungkapkan bahwa jumlah peserta yang lulus SPAN PTKIN tahun ini sebanyak 86.151 mahasiswa. Angka ini lebih tinggi dari rencana sebelumnya yang hanya 70.336. Kenaikan jumlah ini disebabkan banyaknya peminat lulusan madrasah dan sekolah untuk kuliah di PTKIN.

Lebih lanjut guru besar filsafat tersebut menegaskan bahwa calon mahasiswa yang dinyatakan lulus tahun ini melalui jalur SPAN tersebar di 1.155 program studi dari 57 PTKIN se Indonesia, kenaikan kelulusan tersebut sangat sejalan dengan tujuan seleksi tahun ini menjadi jawaban atas komitmen bersama PTKIN dalam upaya meningkatkan perluasan akses pendidikan bagi pelajar Indonesia.  Wallahu A’lam (HDI-Adita@humasuin

%d blogger menyukai ini: