Berita Humas:  Direktorat Lalu Lintas Polisi Daerah Nusa Tenggara Barat bekerja sama dengan Jurusan Ilmu Al-QUr’an dan Tafsir (IQT) Fakultas Ushuluddin Universits Islam Negeri (UIN) Mataram dalam memberikan pelatihan kepada duta Polisi Lalu Lintas dari 10 Polres Se Nusa Tenggara Barat yang diselenggarakan pada tanggal 6 dan 7 April 2018. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari program Traffic Moslem Police Indonesia yang disingkat TRAMPOLIN.

Kegiatan yang diikuti oleh 20 orang duta polisi se NTB  dan semua jajaran Kasubdit yang ada di lingkungan Dit Lantas POLDA NTB menghadirkan instruktur Ustaz H. Zulyadain, MA (Ketua Jurusan IQT) Ustadz Syamsuddin Sirah, S.Ag., M.Pd (Dosen IQT) Ustadz H. Muharrar Iqbal, MA (Tokoh Agama), Ustadz Imran Jayadi, S.Sos. (Tokoh Masyarakat).

Pelatihan TRAMPOLIN ini dibuka oleh Direktur Lalu Lintas POLDA NTB, KOMBES POL. ARMAN ACHDIAH, S.I.K., M.Si.. Dalam  sambutannya, Pak Dir  (panggilan akrabnya) memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada prajuritnya yang telah hadir dalam pelatihan tersebut walaupun bertugas di daerah-daerah yang jauh, begitu juga kepada para instruktur yang berkenan dan berkesempatan untuk berbagi ilmunya dalam peningkatan kapasitas prajurit polisi lalu lintas dalam bidang agama.

Lebh lanjut beliau tegaskan bahwa saat ini dicanangkan harus ada dari prajurit untuk ikut berkiprah di tengah-tengah masyarakat dalam bergabagai aktivitas terutama melalui kegiatan-kegiatan keagamaan. Tidak hanya bisa di jalan raya tetapi duta polisi ini harus juga bisa membaca Al-Qur’an dengan Fasih, bisa menjadi Imam shalat, bisa menjadi muazzin, bisa menjadi khatib pada shalat Jum’at, bisa menjadi pemimpin zikir dan tahlil serta bisa menangani jenazah secara Islam.

Kegiatan pelatihan TRAMPOLIN tidak hanya sekedar teori tetapi langsung dipraktekkan mulai dari latihan tahsin yaitu membaca Al-Qur’an dengan Fasih, latihan menjadi muazzin, praktek penanganan jenazah dari sejak memandikan, mengafani, menshalatkan hingga proses pemakaman. Dalam hal menjadi khatib setelah diberikan orientasi tentang rukun syarat dipraktekkan secara individu sampai pada praktek langsung sebagai khatib Jum’at langsung Imam Shalat Jum’at di Masjid Bagek Kembar Ampenan Kota Mataram oleh  AKBP H. Lalu Adnan, SH. (Kasubdit Keselamatan dan keamanan di jalan Dit Lantas Polda NTB).

Syamsuddin Syirah sebagai salah satu narahubung dan juga menjadi pelatih dalam kegiatan tersebut menjelaskan bahwa kerja sama Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama dengan Dit Lantas POLDA NTB ini akan dilanjutkan dengan seminar Nasional tentang lalu Lintas dalam perspektif Islam di lingkungan kampus UIN Mataram yang menghadirkan 500 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di sekitar dengan keynote speaker KAPOLRI/Korlantas POLRI pada bulan Agustus mendatang.

Rektor Prof. Dr. H. Mutawali mengapresiasi apa yang diinisiasi oleh para dosen Fakutas Ushuluddin dan Studi Agama yang telah mamapu membangun komunikasi dan kerjadsama dengan berbagai pihak, terutama sekali dengan kepolisian untuk mensukseskan program  Traffic Moslem Police Indonesia di Nusa tenggara Barat. Wallahu A’lam (SS-Adita@humasuin)

%d blogger menyukai ini: