Berita Humas: Rektor Prof. Dr. H. Mutawali membuka kegiatan Desk Evaluation Penilaian Proposal Penelitian Dosen Universitas Islam Negeri Mataram yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN Mataram yang dijadwalkan akan berlangsung selama dua hari (09-10 April 2018) di Hotel Puri Indah Mataram.

Ketua LP2M Dr. H. Nazar Na’amy dalam laporanya menyampaikan bahwa baru mulai tahun ini kita akan menerapkan system penilaian proposal menggunakan system online, semua peroposal yang masuk ke Litapdimas tahun ini sela jutnya akan dinilai oleh tim reviwer yang juga sudah ditentukan oleh pusat.

Lebih lanjut Dr. Nazar menegaskan bahwa sebagai tindak lanjut pengajuan prosposal yang diikuti oleh semua dosen untuk tiga klaster tersebut, kini giliranya para reviwer akan bekerja selama dua hari secara penuh untuk melakukan kroscek dan kesesuaian, adapun jika tidak layak maka diberikan kewenangan untuk melakukan dis kualifikasi terhadap proposal tersebut sesuai dengan satandar dan ketentuan yang diterbitkan oleh Litapdimas.

Selain itu juga, Nazar meminta kepada semua tim reviwer untuk lebih fokus dan cermat dalam melakukan penilaian, sebab hasil penilaian yang dilakukan tersebut akan menjadi barometer untuk menghasilkan produk penelitian yang berkualitas, dengan harapan juga nantinya semua hasil penelitian tersebut dinaikkan menjadi artikel yang layak publis di berbagai jurnal nasional dan bahkan internasional.

Rektor dalam sambutanya menyampaikan bahwa LP2M telah mampu meningkatkan kinerja dari system manual menjadi system online, telah mampu bertransformasi dari cita rasa IAIN menjadi rasa UIN.  Hendaknya semua unit yang ada di rektorat harus mampu berlari dengan cepat mengikuti irama perkembangan lembaga yang dituntut untuk lebih keratif dan inopativ.

Selain itu juga, rektor menegaskan kepada semua tim reviwer agar menjaga kualitas kerja secara objektif, harus mampu menjaga amanah kepercayaan pusat dengan sungguh-sungguh sehingga dapat melahirkan produk yang berkualitas sebagaimana harapan ketua LP2M yang juga menjadi harapan kita bersama.

Prof Mutawali menaruh harapan besar kepada LP2M untuk terus mengawal proses dan hasilnya sehingga kita berharap pada uji coba pertama tahun ini dapat menghantarkan pada predikat kesuksesan.  Konsentrasi dana cukup besar untuk LP2M tahun ini yang semuanya diperuntukkan bagi dosen untuk melakukan penelitian dan pengabdian.

Artinya bahwa haruslah seirama antara potensi dana dengan hasil kerja, hal tersebut akan sangat berdampak langsung terhadap peningkatan kualitas SDM dan juga lembaga pada umumnya.  Wallahu A’lam (Adita@humasuin)

%d blogger menyukai ini: