Berita Humas:
Dosen UIN Mataram yang juga sebagai pemegang lencana Lemhanas tahun ini Dr. H.MS. Udin, M. Ag. Dalam catatan kecilnya sering menyampaikan dalam kajian forum ilmiah tentang harmonisasi kaitan penting antara aktualisasi nilai nilai pancasila dalam sistem pendidikan dengan persatuan dan kesatuan nasional.

Lebih lanjut beliau tegaskan bahwa kita bisa hidup rukun dan bergotong royong untuk memajukan negeri ini, mengajak peran aktif seluruh  komponen masyarakat untuk bersama sama menjaga Pancasila, pemahaman dan pengamalan Pancasila harus terus di tingkatkan.  Kesadaran tentang pentingnya kaitan antara pendidikan dengan persatuan dan kesatuan bangsa yang kemudian berpengaruh  pada kondisi ketahanan nasional NKRI.

Salah satu yang pundamental masa kini adalah melakukan  revolusi karakter bangsa melalui kebijakan  penataan kembali kurikulum pendidikan nasional dengan mengedepankan aspek pendidikan kewarganegaraan yang menempatkan secara proporsional  aspek pendidikan, seperti pengajaran sejarah  pembentukan bangsa nilai nilai patriotisme dan cinta tanah air ,semangat bela negara dan budi pekerti didalam kurikulum pendidikan Indonesia.

Kurikulum dihidupkan kembali pendidikan khusus pancasila, Pengajaran ikhwal moral yang bersumber nilai nilai Pancasila yang mengedepankan etika dalam bergaul, toleran dan kehidupan masyarakat  harus terintegritas dalam kehidupan.

Kurikulum  yang memasukkan pendidikan karakter berbasis kearifan budaya lokal, tenaga dosen yang mengajarkan memiliki pemahaman dan konpetensi yang baik ,memiliki kemampuan sesuai dengan bidang yang di ajarkan sekaligus memahami dan mampu mengajarkan nilai-nilai pancasila secara implementatif.

Untuk membangun kehidupan yang damai, secara garis besar aoutput pendidikan yang diharapkan yaitu sebuah kondisi Indonesia yang seluruh warganegaranya merupakan prodak dari pendidikan nasional, memiliki pemahaman kebangsaan yang baik dan menerapkan nilai nilai Pancasila dalam kehidupannya sehingga terwujud kehidupan yang damai adil dan makmur.

Metode dan pendekatan pengajaran Pancasila dapat menjadi efektif dan sesuai dengan karakter generasi muda yang ditandai dengan  semakin tertarik mempelajari Pancasila dan terlibat aktif dalam menghidupkan nilai nilainya dengan melakukan inisiatif mandiri seperti gerakan sosial atau kempanye nilai nilai pancasila yang lain.

Sebagai anggota Lemhanas, Dr. H.MS. Udin memberikan pesan moral hendaknya kita mampu mendorong peran optimal dari lembaga kampus untuk membangun sistem pendidikan pancasila, kemudian juga mendorong semua pihak untuk mengambil inisiatif upaya kongkrit mengamalkan nilai pancasila guna memperkokoh NKRI dalam rangka ketahanan Nasional.  Wallahu A’lam (MS. Udin-Adita@humasuin)