Berita Humas: Rektor Prof. Dr. H. Mutawali menghadiri Rapat Koordinasi dan Penandatanganan Nota Kesepahaman pelaksanaan kuliah kerja nyata refolusi mental tahun 2018 yang dilaksanakan oleh Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan di Grand Mercure Jakarta, Selasa (27/03).

Salah satu program pemerintah yang dapat disinergikan dengan KKN adalah program Gerakan Nasional Revolusi Mental sebagai bentuk implementasi secara luas pada masyarakat. Kemenko PMK bekerjasama dengan berbagai perguruan tinggi untuk menyelenggarakan program KKN Tematik yang mengedepakan orientasi program kegiatannya terfokus pada bidang pemberdayaan masyarakat.

Dalam rangka persiapan pelaksanaan KKN Tematik Revolusi Mental Tahun 2018, Kemenko PMK melalui deputi Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama menggelar Rapat Koordinasi dan Penandatanganan MoU Pelaksanaan KKN-RM Tahun 2018 dilakukan oleh Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Y.B. Satya Sananugraha dengan 33 Perguruan Tinggi Se- Indonesia.

Deputi Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama, Kemenko PMK, Prof. Agus Sartono dalam sambutannya menegaskan kegiatan KKN Tematik Revolusi Mental bukanlah suatu kegiatan yang berhubungan dengan politik. KKN ini diharapkan dapat memberikan pengalaman yang luar biasa bagi mahasiswa sebagai bekal untuk menjadi pemimpin di masa depan. Terdapat tiga values strategis yang ditanamkan kembali melalui kegiatan ini yaitu, Integritas; Etos Kerja; dan Gotong-royong.

Lebih lanjut Agus mengatakan demi mensukseskan kegiatan ini diperlukan gotong-royong karena revolusi mental merupakan never ending process. Untuk kegiatan KKN Tematik Revolusi Mental 2018 hanya pada nilai integritas. Dengan demikian diharapkan mahasiswa dapat mewujudkan satu program/aksi nyata pengabdian di masyarakat yaitu Indonesia Melayani.

Sementara itu, Rektor UIN Mataram Prof. Dr. H. Mutawali yang didampingi oleh Sekretaris LP2M Muhammad Sai, MA. Disela-sela acara sempat berdiskusi sekaligus melaporkan pada Sekretaris Kemenko PMK Satya Sananugraha,  bahwa UIN mataram mulai tahun ini sekitar bulan Juni – Juli 2018 akan mulai menerapkan KKN RM yang difokuskan di satu kabupaten yaitu Lombok Barat.

Kemudian rektor juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada bapak deputi bidang pendidikan dan agama Kemenko PMK, Prof. Agus Sartono yang telah memberikan kesempatan kepada UIN Mataram untuk mengikuti program KKN RM mulai tahun ini.  Deputi berpesan agar semua perguruan tinggi percontohan dapat terfokus pada 3 nilai strategis sebagai karakter revolusi mental yakni integritas, etos kerja, dan goong royong.  Wallahu A’lam (Adita@humasuin)

%d blogger menyukai ini: