Berita Humas: Kunjungan silaturahmi Rektor Prof. Dr. H. Mutawali didampingi oleh Kepala Pengembangan Bahasa UIN Mataram Dr. H.L. Supriadi, Lc., MA  ke Universitas Islam Madinah sebagai salah satu perguruan ternama di dunia berlangsung pada hari Ahad (11/03).

Dalam pertemuan tersebut Rektor disambut oleh Wakil Rektor Bidang kerjasama internasional, Prof. Dr. Mahmud Kedah. Rektor sempat diajak keliling melihat kondisi perkuliahan yang terdapat lebih dari 30.000 mahasiswa yang sedang menimba ilmu dari berbagai negara di seluruh dunia.

Beberapa hal penting yang menjadi diskusi pimpinan antara Rektor UIN Mataram Prof. Dr. H. Mutawali dengan Rektor Universitas Islam Madinah, Prof. Dr. Hatem Bin Hasan al-Marzuki yang menyampaikan bahwa dalam sepuluh tahun terakhir ini  memiliki progress yang cukup pesat terutama sekali dari segi jumlah mahasiswa.

Saat ini di bawah kepemimpinan Rektor Univ. Islam Madinah, Prof. Dr. Hatem Bin Hasan al-Marzuki mengalami perkembangan yang pesat  dengan penambahan fakultas-fakultas yang fokus mempelajari ilmu-ilmu keislaman, seperti Fakultas Syariah, Fakultas Dakwah dan Ushuluddin, Fakultas Al-Qur’an dan Studi Islam, Fakultas Bahasa Arab, Fakultas Hadits dan Studi Islam.

Di samping itu lembaga Bahasa Arab untuk Non Native Speaker serta jenjang pendidikan Madrasah Aliyah. jenjang pendidikan Madrasah Tsanawiyah. Dar al-Hadits al-Makkiyah dan Dar al-Hadits al-Madaniyah.  Seiring perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat internasional, Univ. Islam Madinah menambah beberapa fakultas baru, antara lain: Fakultas Tekhnik, Fakultas Komputer dan Sistem Informasi, Fakultas Sains.

Mahmud Kedah melanjutkan terkait peluang kerjasama antara dua lembaga pendidikan, ada beberapa program yang bisa dilakukan oleh UIN Mataram dan Univ. Islam Madinah:

  • Penelitian bersama antara dosen-dosen di UIN Mataram dan Universitas Islam Madinah dalam bidang ilmu-ilmu keislaman.
  • Penelitian Sabbatical Leave bagi dosen-dosen UIN Mataram di Madinah.
  • Short Course bagi dosen-dosen dalam bidang Bahasa Arab dan ilmu-ilmu keislaman.

Setelah selesai bertemu dengan Prof. Dr. Mahmud Kedah, Rektor melanjutkan kunjungan ke Dekan Fakultas al-Qur’an dan Studi Islam, diterima langsung oleh Dr. Ahmad Sudais. Beliau menyambut baik sebagai dampak harmonisasi hubungan bilateral antara pemerintah Indonesia dan Arab Saudi. Universitas Islam Madinah secara isntitusi siap menjadi mitra kerjasama dengan UIN Mataram dalam bidang memajukan Tri Dharma Perguruan Tinggi.  Wallahu A’lam (Supriadi – Aditahumasuin)

%d blogger menyukai ini: