Berita Humas: Koperasi Mahasiswa atau yang disingkat KOPMA sebagai salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa di Universitas Islam Negeri Mataram telah lama menunjukkan existensinya bersama UKM lain.  KOPMA memiliki anggota aktif saat ini tercatata sebanyak 273 mahasiswa yang berasal dari berbagai fakultas.

Kopma UIN mataram sedang merancang program wirausaha anggota untuk menjadi wirausaha seperti online shop yang sedang trendy untuk mengambil bagian dari dinamika kebutuhan masyarakat. Adapun jenis usaha yang sedang dikembangkan sekarang adalah rental printer, cetak fhoto, pemesanan snack kotak, pemesanan baju kaos dan ragam jenis cetakan.

Dalam kesempatan diskusi kecil bersama pengurus Kopma saudari SAHNIM kelahiran Monggas Loteng yang kini duduk pada semeseter IV jurusan Ekonomis Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam diberikan amanah sebagai bendahara.  Disamping kesibukan extrakurikuler aktif sebagai aktivis kampus mengikuti kegiatan Kopma dan juga tercatat sebagai anggota English Studi Club, namun tidak mengurangi prestasi akademik dengan perolehan IPK 3,25.

Muhammad Alfan Mahfuz sebagai ketua Kopma periode 2017 – 2018 didampingi oleh sekretaris Fuji Karyawati bersama seluruh pengurus memiliki komitmen yang kuat untuk dapat mengembangkan kopma sebagai wadah kreativitas melatih kemandirian dan jiwa enterprenurship selama berada di bangku kuliah, adapun implementasi yang sesungguhnya nanti akan didaptkan setelah keluar dari kampus.

Pengawas Muhammad Hazanul Hakim dan Sulaiman yang merupakan mantan direktur dan sekeretarsis yang sekarnag sudah sebagai alumni sering meluangkan waktu untuk mengisi kegiatan rutin diskusi seputar perkemabangan ekonomi yang terlaksana setiap hari kamis sore, yasinan setiap malam jumat di aula UKM, pelatihan akutansi setiap hari selasa, pelatihan marketing, pelatihan enterprenour dan pelatihan akuntansi computer  dari dinas koperasi.

Harapan besar bagi aktivis Kopma UIN Mataram adalah dapat terlahir sebagai sarjana yang memiliki keterampilan wirausaha, menguasai ilmu marketing, dan yang terpenting adalah nantinya siap jadi pengusaha.  Kopma sebagai wadah dan panggung isnpirasi ekonomi mahasiswa diharapkan dapat memunculkan koperasi-koperasi berkualitas sehingga dapat membukan mata generasi muda terhadap peran koperasi sebagai salah satu tulang punggung ekonomi nasional.

Hj. Siti Nurul Haerani selaku ketua dewan Pembina Kopma UIN Mataram dalam kesempatan memotivasi mahasiswa mengungkapkan penomena sekarang ini harga jual barang sangat melambung di bebrapa tempat seperti  di bandara, lokasi pariwisata dan sebagainya. Hal tersebut merupakan tantangan bagi mahasiswa untuk dapat dijadikan peluang mengkaji dan lahan experimen untuk berusaha dengan menegedepankan konsep ekonomi syariah. Wallahu A’lam (Adita@humasuin)

%d blogger menyukai ini: