Berita Humas: Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Mataram menggelar Studium General yang mengedepankan tema “Penguatan kapasitas mahasiswa Pascasarjana di Era Milenial” dengan menghadirkan narasumber Prof. Dr. M. Arskal Salim, Direktur PTKIN, yang diikuti oleh 127 mahasiswa di Aula Pascasarjana pada hari Sabtu, (17/02).

Ketua Panitia Dr. Muslihun dalam laporannya menyatakan bahwa kuliah umum ini sebagai kegiatan rutin dilaksanakan setiap awal semester sesuai dengan kalender akademik, hal tersebut sangat penting guna memberikan motivasi dan suplemen kreatifitas berfikir bagi para mahasiswa pascasarjana.

Direktur Pascasarjana Prof. Dr. Suprapto dalam sambutanya menyatakan bahwa generasi millennial adalah generasi muda seperti mahasiswa pascasarjana yang suka tantangan dengan akses serba cepat. Oleh karena itu, pascasarjana juga berbenah diri, selalu berusaha lebih adaptif dalam menafsirkan setiap perkembangan.

Rektor UIN Mataram diwakili oleh Wakil Rektor satu Dr. H. Mansun Tahir berterimakasih atas kesempatan spesial dari Prof. Dr. M. Arskal Salim Direktur PTKIN. Kehadiran beliau hari ini merupakan satu kehormatan, selanjutnya akan memberikan pemahaman mengenai peluang dan tantangan sebagai mahasiswa di era milenial  untuk selalu berpikir kritis dan analitis.

Lebih lanjut Dr. H. Masnun menegaskan bahwa nilai-nilai generasi millennial menitik beratkan pada kualitas dan efisiensi. Mahasiswa sebagai generasi milenial dapat dilihat dari karakter yang selalu memiliki semangat, kerja keras, fokus, banyak ide dan gagasan, serta ketekunan.

Direktur PTKIN Prof. Dr. Arskal Salim mengawali materinya dengan menyatakan bahwa seiring waktu terus berjalan dan era terus berubah, termasuk di perguruan tinggi sekarang ini harus mampu menghadapi generasi milenial. Oleh karena itu, generasi millennial sangat penting untuk masa depan pendidikan.

Lebih lanjut Prof. Arskal menegaskan bahwa tantangan bagi mahasiswa untuk lebih kreatif dan inovatif, serta memaksimalkan waktu untuk belajar, fokus dalam mengembangakn penelitian sebagai upaya meningkatkan “professional skills”.

Mengkhiri materinya, Direktur PTKIN menyatakan bahwa Pascasarjana UIN mataram telah mampu menakar masa depan generasi milenial, meskipun masih tergolong berusia muda, namun sangat berpotensi menjadi pascaarjana papan atas di tingkat Nasional, bersanding dengan pascasarjana lain yang sudah lama berdiri. (Adita@humasuin)

 

%d blogger menyukai ini: