Berita Humas: Hari senin (05/02) merupakan awal dimulainya segala aktifitas dan rutinitas kantoran, adalah menjadi lebih semarak suasana kampus dengan kedatangan para santri pondok peantren Nurul Haramain Nahdlatul Wathan Narmada yang melakukan kunjungan silaturahmi bernuansa akademik.

Lebih dari 150 orang santri kelas 3 Madrasah Aliyah NW Haramain mendatangi kampus satu UIN Mataram di Jl. Pendiikan No. 35 dengan menggunakan busana seragam kebesaran khas pondok pesantren Nurul Haramain. Sejenak suasana pagi yang sedikit mendung seakan langsung bersinar terang dipantulkan dari kostum para santri yang memadati halaman kampus menuju auditorium untuk mengikuti acara ramah tamah dan penerimaan secara resmi dari pihak kampus.

Rektor UIN Mataram Prof. Dr. H. Mutawali menerima kunjungan silaturahmi tersebut didampingi oleh wakil rektor tiga bidang kemahasiswaan dan kerjasama serta kepala bagian Akademik dan kemahasiswaan serta beberapa kasubag di lingkup rektorat.  Acara ramah tamah penerimaan dipandu oleh Wr Tiga dengan rangkaian pembukaan, sambutan oleh rektor selaku tuan rumah dan sambutan dari pembimbing santri.

Prof. Dr. H. Mutawali dalam sambutanya menyampaikan apresiasi kepada Pondok Pesantren Nurul Haramain khususnya kepada rombongan santri Madrasah Aliyah yang kali ini bersilaturahmi ke kampus UIN Mataram.  Silaturahmi bernuansa akademik seperti ini sungguh merupakan kali pertama dilakukan oleh ponpes Nurul Haramain, dan ini merupakan kehormatan buat kami civitas akademika UIN Mataram.

Lebih lanjut beliau katakan bahwa kunjugan para santri ini merupakan gagasan bagus dan langkah cerdas pondok pesntren dalam memfasilitasi para santrinya untuk menghadapi persiapan kuliah. Artinya bahwa kegiatan hari ini memiliki makna sebagai bentuk orientasi pra kuliah.

Orientasi pra kuliah para santri sangat penting untuk memperkenalkan dunia kampus yang sedikit berbeda dengan lingkungan di pondok pesantren, baik dari metode pembelajaran, suasana dan lingkungannya.  Perbedaan tersebut sejak awal perlu diperkenalkan, sehingga ada gambaran, motivasi dan semangat untuk melanjutkan ke bangku kuliah.

Sebagai sesi akhir dari acara penerimaan langsung oleh rektor beserta jajaran pejabat lainnya yang berlangsung sekitar satu jam di Auditorium.  Rektor memberikan majalah suara kampus dan brosur secara simbolis yang diserahkan kepada pembimbing santri, selanjutnya para santri diberikan kesempatan untuk melakukan observasi dan orientasi kampus, mulai dari gedung rektorat, perpustakaan hingga ruang perkuliahan. Wallahu A’lam (Adita@humasuin)

%d blogger menyukai ini: