Berita Humas: Ulasan minggu pertama di bulan februari ini melirik pentingnya kampung zakat sebagai solusi pemberdayaan ekonomi masyarakat. Pengelolaan zakat di Tanah Air bukan hanya merupakan tanggung jawab pemerintah namun juga masyarakat.

Rektor UIN Mataram Prof. Dr. H. Mutawali yang hadir dalam acara peluncuran kampong zakat oleh bapak menteri Agama di Hotel Lombok Raya beberapa waktu lalu menyatakan, pentingnya untuk mendorong agar semua elemen masyarakat zakat bergerak bersama secara sinergi mencapai tujuan pengelolaan zakat.

Negara sendiri hadir untuk membantu umat Islam dalam mengelola zakat karena negara berkepentingan menjadikan rakyat sejahtera dan terbebas dari kemiskinan. Peranan pemerintah dan masyarakat bukan hanya saling berkaitan, tetapi diharapkan menyatu dalam misi dan visi Kebangkitan Zakat.

Program kampung zakat bisa sukses dan akan menjadi percontohan terutama bagi pemerintah daerah dalam pengentasan kemiskinan di daerahnya. Kampung Zakat ini juga akan menjadi percontohan yang kuat tentang bagaimana sinergi antar Lembaga zakat dibangun pada daerah-daerah tertentu.

Kehadiran Kampung Zakat diharapkan dapat membantu pemberdayaan masyarakat secara lebih optimal.  Dalam rangka mewujudkan cita cita bersama, kesejahteraan Indonesia dengan semangat sinergi antara negara dengan masyarakat. Forum Zakat bersama Kementeriaan Agama meluncurkan program Kampung Zakat yang dipusatkan di pulau seribu masjid.

Ketum Forum Zakat Nur Efendi mengusung tiga isu pokok yang akan dibahas dalam Munas Forum Organisasi Zakat yang ke-08. Pertama soal penguatan kolaborasi antar lembaga. kedua terkait penguatan kapasitas amil zakat. Dan ketiga adalah penyiapan regulasi yang menguatkan gerakan zakat. Wallahu A’lam (Adita@humasuin)

%d blogger menyukai ini: