Berita Humas: Rektor UIN Mataram mendampingi Menteri Agama Republik Indonesia pada kegiatan pembukaan Musyawarah Nasional  Forum Zakat yang Ke-08 yang berlangsung pada hari Senin, (01/02) di Hotel Lombok Raya Mataram.

Dalam kegiatan Nasional yang dipusatkan di Lombok tersebut akan berlangsung rangkaian kegiatan Munas selama tiga hari yaitu sejak tanggal 1 – 3 Februari 2018. Pembukaan Munas juga menghadirkan Ketua Umum Majlis Ulama Indonesia KH Ma’ruf Amin yang didaulat memberikan tausiyah.

Munas yang secara resmi dibuka oleh Menteri Agama ditandai dengan pemukulan gendang Beleq dan penandataganan prasasti Kampung Zakat bersama Ketua MUI dan Gubernur NTB.

Kegiatan tersebut diikuti lebih 200 peserta utusan pengurus wilayah Forum Zakat dan pimpinan lembaga amil zakat dari Aceh hingga Papua. Munas ke-8 ini mengangkat tema  “Kerja Bersama untuk Gerakan Zakat Indonesia”.

Gubernur NTB TGH. M Zainul Majdi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang mendalam kepada panitia yang telah mempercayai pulau seribu masjid sebagai tempat pelaksanaan kegiatan. Selanjutnya TGB juga menafsirkan ayat Al-Qur’an yang berkenaan dengan pentingnya zakat sebagai solusi peningkatan perekonomian masyarakat Islam.

Lebih lanjut Gubernur berterimakasih atas perhatian bapak Menteri Agama dan forum Zakat yang telah menjadikan NTB sebagai salah satu daerah percontohan Nasional Kampung zakat yaitu di Kampung Longseran Desa Duman Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat, NTB.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam sambutanya menyatakan bahwa potensi zakat Indonesia sangat besar, termasuk dari gaji Aparatur Sipil Negara. Pemerintah saat ini tengah menyiapkan Peraturan Presiden (Perpres) yang mengatur zakat atas gaji pokok ASN.

Menurut Menag, pihaknya juga sedang memikirkan dan mengkaji agar tidak hanya gaji pokok, tapi juga tunjangan lainnya, sehingga potensi zakat diperkirakan  mencapai lebih dari 200 triliun per tahun.

Lebih lanjut beliau tegaskan bahwa, kata konci dari program sinergi kampung zakat adalah pemberdayaan masyarakat berbasis dana zakat.  Program ini sifatnya masih uji coba, kalau konsepnya sudah matang akan dikembangkan secara massif di tempat lain.

Hadir juga dalam pembukaan Munas, Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf M Fuad Nasar, Ketum MUI KH Ma’ruf Amin, Gubernur NTB TGB Zainul Majdi, Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin, Sekretaris Menteri, Rektor UIN Mataram, Kakanwil Kemenag NTB, serta puluhan tokoh lainnya. Wallahu A’lam (Adita@humasuin)

%d blogger menyukai ini: