Berita Humas: Direktur Pendidikan Tinggi Agama Islam (Diktis) Arskal Salim menargetkan pendaftar SPAN-UM PTKIN tahun ini mencapai 175 ribu. Hal ini ditegaskan Arskal pada Focus Group Discussion (FGD) SPAN-UM PTKIN di Jakarta. FGD ini diikuti para Wakil Rektor (WR) I PTKIN se-Indonesia.

Target Nasional untuk Seleksi Prestasi Akademik Nasional – Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-UM PTKIN) untuk tahun ini, peserta pendaftar mencapai 175 ribu calon mahasiswa.

Arskal mengaku optimis dengan target ini. Pasalnya, SPAN-UM PTKIN tahun 2017 juga ramai peminat.  “Tahun sebelumnya sudah baik dan akan kita tingkatkan lagi. Baik dalam sistem, pelayanan maupun hal lainnya. Kedepan saya berharap sudah ada aplikasi SPAN khusus untuk mobile (Android dan IOS),” ujarnya.

Wakil Rektor 1 UIN Mataram Bidang Akademik Dr. H. Masnun Tahir yang hadir dalam acara tersebut mengungkapkan beberapa Arahan Pak Direktur Diktis dalam pertemuan dengan forum WR 1 sebelum Pembukaan dan Launching SPAN dan UMPTKIN 2018.

Direktur akan mengundang Para WR 1/WK untuk sharing tentang AIPT sesuai komitmen Pak Dirjen agar semua PTKIN pd tahun 2019 adalah A.  Kemudian perlu ditingkatkan pembinaan keberagamaan (pengetahuan, sikap dan pengamalan ibadah serta baca tulis Al-Quran) mahasiswa baru khususnya yang berasal dari SMA dan SMK. “Pengasramaan” mahasiswa baru selama minimal satu semester bisa dilakukan dalam rangka pembinaan tersebut.

Selain itu juga terobosan baru dalam sosialisasi penerimaan mahasiswa baru seperti kerjasama dg Kanwil, Direktorat, serta penting memikirkan menggunakan aplikasi Android, serta perlu ditingkatkan kajian dan strategi integrasi Islam dan sains baik dlm mata kuliah khusus atau terintegrasi dlm mata kuliah lain. Wallohu A’lam (Adita@humasuin)

%d blogger menyukai ini: