Berita Humas: Pagi ceria hari ini senin 18 Desember 2017, rektor UIN Mataram membuka workshop Jurnal Ulumuna yang dilaksanakan di Fave Hotel Jl. Langko Mataram.  Kegiatan yang mengambil tema “Percepatan Indeksasi Scopus Jurnal Universitas Islam Negeri Mataram” diikuti oleh 20 peserta yang terdiri dari penyunting jurnal ulumuna dan ketua pengelola jurnal lembaga dan fakultas di lingkup UIN Mataram.  Beberapa langkah lagi Jurnal Ulumuna UIN Mataram akan menjadi salah satu jurnal internasional yang mendapatkan Indeksasi Scopus.

Ketua pengelola Jurna Ulumuna Muhammad Abdun Nasir dalam laporannya menyampaikan ebebrapa hal penting diantaranya bahwa Jurnal Ulumuna UIN Mataram tahun ini mendapatkan dana bantuan dari dirjen Diktis sebanyak 60 Juta.  Kemudian juga tahun ini telah melakukan kajian di jurnal SOJUN Singapira, dan Ulumuna diterima sebagai mitra kolaborasi dengan Sojun akan melimpahkan beberapa tulisan internasional yang tidak tertampung di jurnal sojun.

Lebih lanjut Abdu Nasir menegaskan bahwa pentingnya melakukan kajian dengan beberapa jurnal yang sudah terakreditasi internasional seperti Jurnal UIN Syarif Hidayatulloh Jakarta, UIN Walisongo, UIN Surabaya.  Hal tersbut dianggap penting untuk dapat meniru dan mempelajari serta melengkapi beberapa hal yang diperlukan.  Seperti desain, layout dan konten yang lebih tajam serta kajian yang mendalam sebagai prisnip dari konten jurnal berskala internasional.

Kegiatan workshop hari ini mengundang dua narasumber ahli yang sudah berindek scopus internasional adalah Editor Jurna Studi Islamika UIN Syarif Hidayatulloh Jakarta Bapak Prof. Dr. Oman Paturrahman, dan Dr. Khoirun Ni’am pengeola jurnal JIS UIN Surabaya. Kedua narasumber tersebut akan memberikan bimbingan tekhnis serta berbagai pengalaman sehingga dalam waktu dekat Jurnal Ulumuna UIN mataram dapat memperoleh Indeksasi Scopus.

Rektor UIN Mataram dalam sambutanya menyampaikan bahwa Jurnal Ulumuna adalah salah satu produk unggulan UIN Mataram di tingkat Nasional saat ini.  Ratusan jurnal perguruan tinggi Indonesia sedang giat melaju untuk berbenah meningkatkan kafasitas dan kualitas, mulai dari terdaftar, terakreditasi secara nasional dan internasional. Kita sangat berharap melalui kegiatan workshop kali ini dapat menjadi salah satu pintu percepatan menuju indeksasi scopus.

Lebih lanjut, rektor mengungkapkan rasa bangga dan berterimakasih kepada pengelola jurnal ulumuna dan semua dosen yang telah bekerjasama dengan baik.  Kondisi saat ini, terutama kemaren pada saat expo pendis beberapa waktu lalu di Jakarta, banyak perguruan tinggi islam yang melirik dan mendekat pada jurnal ulumuna dengan harapan agar dapat dimuat pada dua jurnal terakreditasi nasional di UIN Mataram. Semoga harapan bersama itu juga dapat mempercepat Ulumuna menuju indeksasi Scopus Internasional.

Mengahiri sambutanya, rektor menegaskan  bahwa kebijakan lembaga terkait dengan jurnal Ulumuna sangat diperhitungkan, dan begitu juga dukungan terhadap kreatifitas para dosen untuk terus diberikan motivasi agar selalu meningkatkan kemampuan menuis di jurnal dengan kajian-kajian yang tajam dan terbarukan.  Tahun 2017 ini lembaga telah mengeluarkan biaya ratusan juta untuk 417 penelitian dan pengabdian.  Selain itu juga, setiap jurusan sedang berbenah dan bersaing dalam pengelolaan jurnal, hingga kini kampus memiliki puluhan jurnal sebagaimana jumlah jurusan yang ada di semua fakultas.

Kasubag humas UIN Mataram Suhirman Adita yang mendampingi rektor pada saat pembukaan acara worksop menambahkan bahwa Jurnal Ulumuna sudah terakreditasi tingkat Nasional berdasarkan SK Dirjen Dikti Kemendikbud Nomer: 56/Dikti/Kep/2012.  Ulumuna merupakan produk andalan UIN Mataram dalam mempublikasikan karya dosen dibidang studi keislaman. Jurnal ini memiliki keunggulan dengan menampilkan 6 fokus kajian diantaranya: 1) The Qur’an and Hadits, 2) Islamic Law, 3) Theologi, 4) Philosophy, 5) Tasawuf dan 6) education. Wallohua’lam. (Adita@humasuin)

%d blogger menyukai ini: