Kabar Humas: Rektor UIN Mataram Dr. H. Mutawali mengambil sumpah dan melantik 128 orang pejabat untuk mengisi jabatan struktural dan fungsional di lingkup UIN Mataram. Prosesi pelantikan dilaksanakan dalam empat tahap, mulai dari pelantikan pejabat struktural yang dilakukan di Aula Pascasarjana. Sedangkan pejabat pungsional mulai dari wakil rektor, dekan, direktur, wakil dekan, wakil direktur, ketua prodi dan ketua jurusan, sekretaris jurusan serta kepala unit dilantik tiga tahap yang berlangsung di Auditorium kampus satu. Dari 128 pejabat tersebut komposisi  110 laki-laki dan 18 orang perempuan, artinya lebih 10 % posisi jabatan diisi oleh perempuan.

Sebagai konsekwensi dari lahirnya statuta dan ortaker UIN mataram, diperlukan penyesuaian dengan komposisi jabatan yang banyak penambahan bila dibandingkan sewaktu masih menjadi IAIN dulu.  dan masih akan ada satu gelombang sunami lagi puluhan pejabat yang akan mengisi posisi kaprodi pascasarjana dan kajur serta ketua unit di lingkup UIN Mataram.

Acara pelantikan diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Rektor oleh Kepala Bagian Organisasi dan Kepegawean Saroji Ilham. Prosesi pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan secara keseluruhan berlangsung dengan lancer dan hidmat serta telah sesuai dengan pedoman tekhnis dan ketentuan tentang tatacara pelantikan. Bertindak selaku hakim adalah kasubag kepegawaian dan hukum Ruslan Abdul Ghani, M. Hi.

Kasubag humas dalam mendampingi setiap proses pengukuhan dan pelantikan, mencoba mengemas dalam resume beberapa point penting harapan rektor yang disampaikan dalam pidato pelantikan. Satu kalimat konci untuk semua adalah mari wujudkan harapan baru dengan semangat kerja untuk kemajuan lembaga.

Pidato rektor pada pelantikan yang pertama, pada saat pelantikan dan pengukuhan 33 pejabat sturktural Kabag dan kasubag, beliau menegaskan bahwa pelantikan ini hendaklah jangan dimaknai sekedar penempatan figur-figur pejabat pada jenjang jabatan tertentu, melainkan lebih diutamakan untuk melakukan pembenahan dan pemantapan organisasi dalam rangka meningkatkan kinerja penyelenggaraan tugas dan pelayanan umum. Para pejabat yang baru diharapkan menjadi roda penggerak untuk bergulirnya fungsi-fungsi manajemen dan administrasi, baik yang dilakukan secara sinergis.

Pidato kedua pada saat pelantikan wakil rektor dan dekan serta direktur pascasarjana, rektor menegaskan bahwa semua pejabat akan mengemban amanat yang tidak ringan, harus dapat membangun tim yang fokus pada tujuan, bukan menjadi tim yang fokus pada masalah. Hendaknya bekerja dengan menjunjung tinggi integritas dan profesionalitas.   Kita implementasikan sistem tata kelola yang baik, koordinasi yang efektif dan terbangunnya sistem yang humanistik untuk menumbuhkan kesadaran kita bersama atas amanah dan tanggungjawab.

Pidato pelantikan yang ketiga, rektor mengatakan bahwa jabatan sebagai wakil direktur, wakil dekan adalah amanah dan bukan tujuan. Artinya bahwa jabatan yang diamanahkan ini harus dijalankan dengan sebaik-baiknya, sebagai pertanggungjawaban kepada lembaga, dan pertanggungjawaban kepada Allah sebagai individu. Secara khusus beliau mengajak agar para pejabat bekerja secara profesional dalam menjalankan tugas-tugasnya.

Pidato pelantikan yang ke empat, puluhan ketua program studi, ketua jurusan dan sekretaris jurusan serta kepala unit, rektor menyatakan setidaknya empat tahun sangat pendek untuk berkarya, sehingga harus berlari kencang untuk menyusun program dan melaksanakannya. Menyikapi masa jabatan yang pendek ini dengan menyatakan bahwa semua lini harus cepat berubah dan  menyesuaikan dengan peraturan yang dinamis.  Semua tantangan akan bisa dijawab apabila semua pihak menyatukan gerak, irama, saling bergandengan tangan & saling melengkapi karena setiap orang ada kelebihan dan kekurangan sehingga bisa saling mengisi satu sama lain.

Dr. H. Mutawali menaruh harapan besar kepada semua pejabat yang sudah dilantik dan dikukuhkan yang jumlahnya 128 orang,  atas nama pimpinan dan seluruh civitas akademika mengucapkan selamat kepada semua pejabat yang sudah dilantik, semoga kita dapat menyatukan derap langkah dengan untuk bergerak cepat mencapai target dan tujuan mengembangkan UIN Mataram tercinta, selamat bertugas, wallohua’lam. (Adita@humasuin)

%d blogger menyukai ini: