Berita Humas: Mulai hari ini senin, 20 November 2017 hingga lima hari kedepan, humas UIN Mataram akan mengabarkan proses kegiatan Bertarap Internasional yaitu Indonesia Convention Exhibition dan Annual International Conference on Islamic Studies yang diikuti oleh seluruh perguruan tinggi Agama Islam, dan salah satunya adalah UIN Mataram yang pertama kali menancapkan bendera kehadiran kontingen di lokasi pada hari Ahad 19 November 2017.

Pameran Pendidikan Islam Internasional yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam ini memiliki makna krusial bukan hanya bagi Kementerian Agama, namun juga bagi Islam di Indonesia. Diharapkan, melalui pameran ini pendidikan Islam di Indonesia dapat dikenal secara luas dan lebih baik oleh masyarakat baik secara nasional maupun internasional. Dengan mengusung “Islam Indonesia untuk Perdamian Dunia” sebagai tema pameran, diharapkan pula masyarakat bisa semakin mengerti bahwa pendidikan Islam di Indonesia sangat peduli terhadap penanaman sikap toleran, inklusivitas dan cinta damai.

Kegiatan yang menjadi even pendidikan terbesar yang diintegrasikan dengan sejumlah acara expo, antara lain: Seminar Internasional Tahunan tentang Studi Islam, Deklarasi Perdamaian Dunia, dan Apresiasi Pendidikan Islam. Pameran akan berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE), satu tempat yang menjadi destinasi industri MICE (meetings, incentives, conferences, exhibitions) di Indonesia. Direncanakan berlangsung selama empat hari, dari 21 hingga 24 November 2017, expo ini akan dimeriahkan oleh sekitar 200 stand pameran yang disediakan untuk peserta, terdiri dari lembaga-lembaga pendidikan dan mitra, baik dari dalam dan luar negeri.

Tujuan pameran adalah untuk mempromosikan pendidikan Islam Indonesia agar dikenal lebih baik oleh masyarakat luas secara nasional maupun internasional. Dengan mengunjungi pameran, diharapkan para pengunjung akan mendapatkan kemanfaatan memperoleh berbagai macam informasi mengenai khazanah pendidikan Islam di Indonesia, baik di masa lampau maupun perkembangannya saat ini.

Bagi Pemerintah Indonesia, khususnya Kementerian Agama RI, pameran ini dianggap penting dan strategis untuk mempromosikan potensi-potensi yang dimiliki. Indonesia adalah negara dengan penduduk beragama Islam terbesar di dunia. Dengan jumlah penduduk Muslim tak kurang dari 200 juta (87,2% dari total penduduk), menjadikan Islam sebagai agama yang paling dominan di negeri ini. Selain itu, Indonesia juga dikenal sebagai kawasan dengan beraneka ragam budaya lokal dan berbagai macam etnis serta agama. Meskipun demikian, mereka dapat hidup berdampingan secara damai dan harmonis.

Terbentangnya kawasan indonesia sebagai negara kepulauan juga merupakan potensi tersendiri bagi negeri ini karena telah berkontribusi cukup signifikan terhadap terbentuknya keragaman sosial dan budaya, termasuk pendidikan Islam yang beragam baik dari sisi bentuk maupun praktik pembelajarannya. Dibandingkan dengan negara Muslim lainnya, Indonesia lebih unggul dalam hal jumlah lembaga pendidikan Islam di bawah Kementerian Agama, mulai dari madrasah,  pesantren, hingga lembaga pendidikan tinggi keagamaan Islam.

Kasubag humas UIN Mataram H. Suhirman Adita yang berada di lokasi kegiatan melaporkan bahwa, acara akan dibuka oleh Bapak Presiden RI besok pada hari selasa, 21 November 2017. Adapun kontingen UIN mataram yang akan mengikuti dua event terbesar itu adalah terdiri dari Rektor  DR. H. Mutawali, wakil rektor satu Dr. H. Masnun Tahir, Wakil rektor Dua Dr Hj. Faizah, Wakil Rektor tiga Dr. Hj. Nurul Yakin, semua dekan fakultas di lingkup UIN Mataram, Prof. Dr. H. M. Taufiq, Dr. Muhammad Abdun Nasir. Disamping itu juga melibatkan mahasiswa tiga orang yang akan mengisi acara pentas seni dan hiburan di arena expo. Wallohua’lam. (Adita@humasuin)

 

 

%d blogger menyukai ini: