Berita Humas: UIN Mataram menggelar workshop penguatan akreditasi program studi di Lingkup UIN Mataram yang berlangsung di Hotel Santika Mataram pada hari rabo, 15 November 2017. Workshop dibuka langsung oleh rektor Dr. H. Mutawali yang diikuti oleh 60 orang peserta yang terdiri dari para Wakil Dekan 1, wakil direktur pascasarjana dan semua ketua jurusan di lingkup UIN Mataram.

Wakil rektor satu bidang akademik dan pengembangan lembaga Dr. H. Masnun Tahir selaku penanggungjawab kegiatan, dalam pengantarnya menyampaikan bahwa workshop ini diharapkan dapat menyelaraskan kebutuhan yang diperlukan program studi untuk memenuhi proses akreditasi. Selain itu juga untuk menambah wawasan dan kesiapan dari setiap program studi untuk mempersiapkan hal-hal tekhnis terkait dengan akreditasi.

Lebih lanjut Masnun menegaskan bahwa mengingat beberapa program studi baru yang belum melakukan akreditasi, dan banyak program studi lama yang akan melakukan re-akreditasi dalam waktu dekat, maka yang sangat prinsip adalah sinergisitas dari semua pihak.

Diperlukan konsentrasi yang cukup untuk mempersiapkan akreditasi agar mendapatkan nilai yang maksimal, dan proses itulah yang akan menjadi stressing pada workshop ini. Kemudian juga kita harus dapat memberikan jaminan bahwa program studi yang terakreditasi telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh BAN-PT dengan merujuk pada standar nasional pendidikan yang termaktub dalam Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Sebagai narasumber workshop ini Dr. H. Lutfi Hamdi, MA. Rektor IAIN Purwokerto yang menyampaikan materi tentang strategi peningkatan akreditasi program studi dan Dr. H. Ahmad Bahiej, SH., M. Hum. Kaprodi S2 Hukum Keluarga Pascasarjana UIN Suka Yogyakarta membawakan materi tentang best practice peningkatan akreditasi program studi.  Selama sehari kedua narasumber ini akan berbagi dan sharing mengenai proses akreditasi dengan semua peserta workshop.

Rektor Dr. H. Mutawali dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada wakil rektor satu dan seluruh panitia para wakil dekan satu semua fakultas yang telah merancang kegiatan ini.  Akreditasi sebagai proses yang harus ditempuh sebagai tanggung jawab akademik untuk pengembangan program studi. Mekanismenya adalah bersifat kolektif, mulai pihak rektorat, dekan, jurusan, program studi, mahasiswa dan juga para alumni.

Sebagai pimpinan lembaga, rektor terus memberikan semangat dan motivasi kepada semua komponen, terutama sekali kepada semua ketua dan sekretaris jurusan yang baru dilantik beberapa hari yang lalu untuk terus melakukan perbaikan dan mempertahankan mutu.

Mutu program studi merupakan cerminan dari totalitas keadaan dan karakteristik masukan, proses, keluaran, hasil, dan dampak, atau layanan dan kinerja program studi yang diukur berdasarkan sejumlah standar yang telah ditetapkan.

Mengahiri sambutanya, rektor menegaskan bahwa akreditasi hendaknya menjadi jati diri serta mahkota bagi para akademisi, jika demikian, maka itu artinya semua komponen haruslah bersinergi guna memperoleh hasil yang  sempurna. Wallohua’lam. (Adita@humasuin)

 

%d blogger menyukai ini: