Berita Humas: Workshop Pendalaman TOEFL dan TOAFL UPT. Pusat Pengembangan Bahasa UIN Mataram dirangkaikan dengan acara Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pusat Pengembangan Bahasa UIN Mataram dengan Indonesian International Education Foundation (IIEF), yang dilanjutkan dengan workshof di hotel Puri Indah Mataram Jl. Sriwijaya No. 132 Cakranegara pada hari Rabu, 8 November 2017.

Ketua Pusat pengembangan Bahasa UIN mataram Dr. H. L. Supriadi dalam laporanya menyampaikan bahwa maksud dan tujuan Kegiatan     ini untuk melatih penguasaan  keterampilan berbahasa Inggris dan Arab yang terdiri dari keterampilan mendengar, berbicara, membaca, dan menulis.  Kemudian untuk menjaring berbagai ide dan aspirasi untuk menunjang kesiapan pelaksanaan program TOEFL ITP oleh Pusat Pengembangan Bahasa UIN Mataram.

Lebih lanjut Supriadi menegaskan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kiat sukses menguasai empat keterampilan pokok berbahasa dan terbentuknya langkah konkret dari pelaksanaan kegiatan TOEFL dan TOAFL, yang mana dalam waktu dekat akan segera dilaksanakan program TOEFL ITP dalam rangka dapat menyelaraskan drap langkah kemajuan yang dicapai oleh universitas, sekaligus menunajng berbagai kebutuhan akademis di lingkup UIN Mataram dan masyarakat umum yang membutuhkannya.

Kegiatan ini mengundang narasumber ahli yang juga masih aktif sebagai tenaga pengajar dan praktisi bahasa Arab dan Inggris, yaitu: Diana Kartika Yahya, S.S., M.App.Ling. (Direktur IIEF Jakarta), Dr. Abdul Kadir Riyadi, M.A. (UIN Sunan Ampel Surabaya) bekerjasama dengan Universitas Leifzig Jerman untuk membuat standar test kompetensi Bahasa Arab. Syekh Waled Husein Muhamed Husein dosen al-Azhar Mesir yang diperbantukan di UIN Mataram menyampaikan tentang pengalaman al-azhar dalam melakukan test kompetensi Bahasa arab bagi pelajar asing di sana.

Direktur IIEF Diana Kartika Yahya, S.sos, M.App.Ling MA. Berharap banyak agar UIN Mataram melalui Pusat Pengembangan Bahasa yang dipimpin oleh Dr. H. L. Supriadi dapat memaksimalkan gerakan peningkatan kompetensi bahasa.  Poit penting kerjasama yang dibangun melalui MOU ini adalah bersinergi dalam Pengembangan Bahasa dan memperjuangkan UIN mataram mendapatkan licensi (ijin) untuk melaksanakan ujian TOEFL ITF dan mengeluarkan sertifikat TOEFL ITF.

Rektor UIN mataram dalam sambutanya menyatakan bahwa peran bahasa dalam kehidupan sehari-hari di dalam berinteraksi satu sama lain memiliki posisi yang sangat penting, baik dalam  cakupan yang sempit maupun luas. Lebih jauh lagi kancah global, maka peran bahasa dimaksud adalah bahasa komunikasi lintas negara atau yang lebih populer disebut dengan bahasa internasional.

Dr. H. Mutawali, M.Ag. menyabut baik gagasan dan terobosan ketua P2B yang telah mejalin kerjasama dengan IIEF  sebagai satu badan berstandar internasional yang menyediakan layanan test bahasa inggris yang menyelenggarakan Test of English As Foreign Language – Institutional Testing Program (TOEFL ITF).

Mengahiri sambutanya, rektor menegaskan pentingnya Pusat Pengembangan Bahasa UIN Mataram selaku unit pelaksana tugas kelembagaan yang memiliki relevansi secara langsung dengan tanggung jawab kebahasaan, menyusun dan memprogramkan pelaksanaan TOEFL dan TOAFL ini untuk kebutuhan internal universitas ataupun untuk masyarakat secara umum. (Adita@Humasuin)

 

 

%d blogger menyukai ini: