Berita Humas: Rektor UIN Mataram Dr. H. Mutawali membuka kegiatan Review Rencana Kerja Anggaran yang dilaksanakan di Fave Hotel Mataram pada hari rabu, 9 November 2017. Kegiatan yang akan berlangsung selama dua hari tersebut didesain untuk memverifikasi kelengkapan dokumen rencana kerja anggaran. Kemudian untuk mendeteksi tingkat kesalahan dalam penyusunan anggaran dan sebagai langkah antisipasi terjadinya revisi anggaran untuk tahun 2018.

Wakil rektor dua bidang keuangan Dr. Hj. Faizah dalam pengantarnya menegaskan bahwa agar pelaksanaan review dokumen rencana anggaran lebih terarah dan tepat sasaran, maka review dilaksanakan dalam beberapa tahapan yang disesuaikan dengan jadwal siklus perencanaan dan penganggaran tahunan, yaitu tahap perencanaan untuk memilih dan menentukan objek review, melakukan usulan dan mempersiapkan bahan penyusunan program kerja tahunan. Kemudian pada tahap pelaksanaan kegiatan diperlukan penelaahan dokumen rencana anggaran tahunan.  Selanjutnya tahap pelaporan hasil review diperlukan penyusunan catatan dan laporan hasil review.

Lebih lanjut Ibu Faizah menekankan bahwa fokus review rencana kerja dan anggaran yang akan dibahas selama dua hari ke depan adalah untuk melihat kelayakan anggaran dengan perhitungan besaran kebutuhan dengan mempertimbangkan satuan biaya yang paling ekonomis dan spesifikasi yang memadai pada tahap perencanaan. Kemudian juga memberikan peluang penambahan kelengkapan dokumen pendukung terkait lainnya.

Kabang perencanaan Serife Nurlaeli, SE. MM.  mengatakan, penyusunan rencana kerja anggaran harus sesuai dengan kelayakan anggaran, kepatuhan dalam penerapan kaedah-kaedah perencanaan anggaran, kelengkapan dokumen pendukung dan rincian anggaran yang digunakan sehingga terwujud perencanaan anggaran berbasis kinerja sesuai dengan peraturan Menteri Keuangan Nomor 94/PMK.02/2017 tentang petunjuk penyusunan dan penelaahan rencana kerja  dan anggaran Kementerian Negara dan Lembaga dan pengesahan daftar isian pelaksanaan anggaran.

Ibu Ely menjelaskan secara tekhnis bahwa rencana kerja disusun dengan mengacu pada rancangan awal, hasil evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan tahun sebelumnya serta dinamika permasalahan yang berkembang. Dalam menyusun rencana kerja perlu ditetapkan pula tujuan, sasaran, indikator kinerja, pagu indikatif.  Rencana kerja mempunyai fungsi penting dalam sistem perencanaan program dan penganggaran tahunan.

Rektor dalam sambutanya menyampaikan bahwa untuk dapat mengendalikan tingkat efisiensi dan efektifitas anggaran, maka dalam menyusun perencanaan anggaran perlu menetapkan secara jelas tujuan dan sasaran, hasil dan manfaat serta indikator kinerja yang ingin dicapai.

Lebih lanjut Dr. H. Mutawali menyampaikan bahwa pelaksanaan review rencana kerja dan anggaran merupakan kegiatan yang bersifat reguler dan rutin yang bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengetahui sampai sejauhmana komitmen, kemampuan, hambatan dan permasalahan yang dihadapi masing-masing unit kerja dalam melaksanakan program dan kegiatan.

Mengahiri sambutanya, rektor menegaskan bahwa untuk mencapai  kinerja pengelolaan anggaran  yang baik  tentunya diawali  dengan  proses penyusunan  perencanaan penganggaran yang optimal. Semoga penyusunan rencana kerja dan anggaran di lingkungan UIN Mataram lebih kreatif dan dapat memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kinerja Kementerian Agama Republik Indonesia. Wallohua’lam (Adita@humasuin)

%d blogger menyukai ini: