Berita Humas: Kegiatan workshop penyususnan Standar Operasional Prosedur Pengelolaan dan Pelayanan Informasi yang dilaksanakan oleh Biro Humas Kementerian Agama RI pada tanggal 8 – 9 November 2017 di Hotel Sofyan Betawi Jakarta. Kasubag Humas UIN mataram H. Suhirman Adita bersama perwakilan 6 Humas UIN Lainnya dan humas kanwil kemenag seluruh Indonesia merancang draf SOP sebagai implemntasi dari amanat Keputusan Mentri Agama Nomer 200 tahun 2012.

Kepala Biro Humas Data dan Informasi Dr. Masduki dalam sambutannya mengatakan bahwa guna untuk membangun tata kelola infrmasi yang baik, maka sangat diperlukan penguatan tata kelola transparansi informasi publik. PTKIN sebagai badan publik harus membuka akses atas informasi publik yang berkaitan dengan penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi  kepada masyarakat luas melalui mekanisme dan pelaksanaan prinsip transparan dan akuntabel dengan  manajemen yang responsif.

Lebih lanjut beliau katakana bahwa untuk memperbaiki tata kelola perguruan tinggi, sangat penting untuk menciptakan media pengelolaan informasi yang baik. Sebagaimana tuntutan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008, setiap badan publik wajib memiliki Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID). Perguruan Tinggi dapat menjadi model pengelolaan keterbukaan informasi publik karena sebagai tempat lahirnya kaum intelektual harus menjadi contoh sempurna bagaimana mengelola informasi yang baik.

Rektor UIN Mataram Dr. H. Mutawali telah membangun kerjasama dengan Komisi Informasi Publik Provinsi NTB pada tanggal 27 September lalu, dan keberadaan PPID di di UIN Mataram masih dalam proses mempersiapkan strukturnya, untuk sementara masih menunggu pedoman tekhnis yang saat ini masih dirancang Draf SOP oleh biro Humas yang melibatkan humas perguruan tinggi dan humas kanwil di Jakarta.

Lebih lanjut rektor mengungkapkan bahwa pada prinsipnya UIN Mataram telah menerapkan UU No. 14 Tahun 2008 dan KMA No 200 tahun 2012. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan akses dan layanan informasi baik secara internal dan juga external. Publikasi informasi setiap saat yang dilakukan oleh bagian humas dan pusat data ataupun oleh semua unit dan fakultas yang ada di lingkup UIN Mataram.  Wallohua;lam. (Adita@humasuin)

%d blogger menyukai ini: