Berita Humas: Giat memperingati hari sumpah pemuda, dharma wanita persatuan UIN Mataram menggelar khotaman al-Qur’an yang dilaksanakan di rumah rektor.  Acara khotaman yang berlangsung hari ini ahad, 29 Oktober 2017 merupakan kegiatan yang baru pertama kali digelar secara terprogram, karena biasanya masalah khotaman identik dengan kegiatan individu atau keluarga di rumah saja.  Insyaalloh kedepan Dharma Wanita UIN Mataram telah menyiapkan beberapa program  pengembangan kreatifitas dan keterampilan yang bukan saja sebatas arisan dan yasinan, tapi sudah mulai ngaji bareng hingga khotaman.

Ketua DWP UIN Mataram Ibu Aisyah Mutawalli mengatakan bahwa setidaknya dalam sebulan wajib pertemuan atau pertemuan rutin program arisan yang biasanya dirangkaikan dengan pengajian, yasinan, solawatan, diskusi, bahkan sosialisasi tentang kesehatan refroduksi wanita, dll. Ibu Ketua yang belakangan ini memiliki banyak aktivitas dan kesibukan baik secara internal di kampus dan juga bersama dharma wanita provinsi NTB.  Ragam kegiatan yang dilakukan mulai dari kajian majlis taklim, seminar gender, anjangsana ke pondok pesantren, ke pantai asuhan dan rehabilitasi, serta kegiatan-kegiatan sisial lainnya.

Lebih lanjut ibu ketua mengungkapkan dengan banyaknya ragam potensi para ibu-ibu dharma wanita kita sesungguhnya menjadi modal besar untuk membuat gerakan yang lebih besar lagi, jumlah anggota dharma wanita hingga ratusan orang secara keseluruhannya merupakan satu kekuatan yang luar biasa. Bahkan sangat memungkinkan untuk hatam al-quran per hari dengan mengadopsi konsep one day one juz sebagaimana yang banyak diminati sekarang ini. Semoga rahmat dan ridho Allah Subhanahu wa ta’ala senantiasa tercurah untuk kita semua amiin.

Secara terpisah, rektor UIN Mataram Dr. H. Mutawali memberikn apresiasi dan mendukung gerakan dan inovasi para anggota dharma wanita yang semakin kreatif menlaksanakan kegiatan. Hari ini sungguh luar biasa dapat melaksanakan kegiatan khataman Al’Quran, semoga kegiatan ini dapat meningkatkan kecintaan kita semua dalam membaca Al’Quran dan lebih memperdalam isi dari kandungan Al’Quran.  Kegiatan ini merupakan bentuk rasa syukur dan terimakasih kita atas segala nikmat anugrah yang Alloh berikan pada diri kita, keluarga, masyarakat dan bangsa.

Dr. H Mutawali menjelaskan bahwa khataman Al-Qur’an merupakan salah satu bentuk implementasi pembinaan kepribadian dan revolusi mental, dengan terselenggaranya kegiatan dharma wanita mengaji yang dilanjutkan dengan khotaman ini akan memberikan dampak yang bermanfaat bagi kita khususnya bagi keluarga besar UIN Mataram. Sebagaimana yang sering kita dengar dalam hadis yang cukup populer adalah “Barangsiapa membaca satu huruf dari Kitab Allah, maka baginya satu kebaikan, dan kebaikan itu dilipatgandakan dengan sepuluh kali lipat”.

Secara kelembagaan dan juga Nasional, bulan ini terdpat dua peristiwa penting dan bersejarah yaitu momentum hari santri yang telah kita peringati pada tanggal 22 oktober yang lalu, kemudian hari ini adalah hari sumpah pemuda, maka sebagai bagian dari bentuk kesyukuran kita adalah setidaknya memberikan doa atas upaya perjuangan dan pengorbanan para pendahulu kita yang telah gigih memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. Semoga Alloh swt memasukkan kita semua ke dalam golongan orang-orang yang padai bersyukur. Wallohua’lam (Adita@humasuin).

 

 

 

 

%d blogger menyukai ini: