Berita Humas: Rektor UIN Mataram Dr. H. Mutawali bersama KPU NTB memiliki persepsi yang sama dan komitmen untuk menghasilkan generasi yang mampu menjadi motor penggerak atas kemajuan demokrasi untuk mewujudkan pelaksanaan pemilu dan pilkada yang kredibel, transparan, dan berkualitas. Rektor didampingi wakil rektor tiga bidang kemahasiswaan dan kerjasama Dr. Hj. Nurul Yakin bersama kasubag kerjasama kelembagaan Supardi, S.Sos. MM. dan Kasubag Humas H. Suhirman Adita menandatangani MOU dengan KPU NTB di Hotel Lombok Astoria.

Dalam jumper pers beberapa saat sebelum acara di mulai, rektor memberikan komentar bahwa MOU hari ini merupakan satu terobosan penting dan langkah cerdas dalam rangka memberikan pendidikan kepada pemilih pemula khususnya mahasiswa. KPU NTB sangat tepat menjalin kerjasama dengan berbagai pemangku kepentingan, salah satunya adalah Universitas Islam Negeri Mataram. Kerjasama tersebut dituangkan dalam penandatanganan kesepakatan bersama yang didasarkan atas kebutuhan kedua belah pihak.

Lalu Aksar Ansori selaku ketua KPU NTB dalam sambutannya menyampaikan bahwa KPU merupakan lembaga penyelenggara pemilu yang sangat berkepentingan dalam memberikan pendidikan pemilih kepada semua elemen masyarakat, tidak terkecuali pemilih pemula yang berada di Kampus-kampus. Selama ini mahasiswa dipandang memiiliki peran cukup penting dan cukup mewarnai dalam pembentukan opini publik. Mahasiswa perlu ikut terlibat dalam proses sosialisasi pemilu, tidak hanya untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang pemilu dan demokrasi, tetapi juga diharapkan dapat menjadi duta-duta yang akan membantu membumikan pesan pemilu dan demokrasi,

Sementara itu, wakil rektor tiga Dr. Hj. Nurul Yakin, M. Pd. yang membidangi kerjasama antar lembaga meyakini model kerjasama ini akan dilaksanakan dalam ruang lingkup yang cukup luas. Diantara point penting yang prinsip dalam kerjasama ini adalah secaa bersama-sama memfasilitasi dan membuka diri menjadi lokasi peneliatian dan riset baik bagi mahasiswa maupun dosen,  menyediakan berbagai sarana pendukung dan data-data yang diperlukan dalam rangka penelitian dan riset tentang demokrasi dan pemilu.

Lebih lanjut WR Tiga bersama kasubag kerjasama kelembagaan Supardi, S. Sos. MM. menyampaikan bahwa kampus kita sedang gencarnya melakukan koordinasi dan membangun kerjasama dengan berbagai pihak, Alhamdulillah hari ini bersama KPU NTB untuk meningkatkan pemahaman kesadaran bagi pemilih pemula yaitu kalangan mahasiswa. Pemilih pemula merupakan target penting pendorong meningkatnya partisipasi agar mau menggunakan hak pilihnya dan mempergunakannya dengan baik, cerdas dan bertanggung jawab sehingga kualitasnya pun akan berjalan beriringan. (Adita@humasuin)

%d blogger menyukai ini: