Berita Humas: Jika selama ini kita selalu disodorkan oleh ragam chanel nasional tv nasional, anggap saja seperti Tv one, maka dalam waktu dekat dengan bangga Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi melalui ikhtiar perjuangan yang cukup panjang telah menuai hasil karya dengan akan dilouncingnya TV UIN oleh Rektor.  Artinya bahwa di tingkat nasional ada Tv One dan ditingkat daerah khususnya di nusa tenggara barat akan ada TVuin yang akan sama-sama menghiasi layar kaca para pemirsa.

Ketua jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Najamuddin, menjelaskan bahwa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam terlahir sebagai salah satu upaya untuk menghadapi tantangan perkembangan ilmu, teknologi dan informasi yang sedemikian pesat dengan cara menyiapkan sumber daya yang menguasai keilmuan dan aplikasi fungsionalnya, serta keagamaan. Jurusan KPI memiliki kekhasan, yakni mengembangkan keilmuan dan aplikasi fungsional bidang komunikasi dan penyiaran yang berlandaskan paradigma keislaman.

Orientasi pada bidang komunikasi dan penyiaran dalam paradigma Islam ini merupakan salah satu sarana dalam pengembangan dakwah dalam arti luas. Melihat perkembangan dunia informasi dan komunikasi dengan segala implikasinya, menjadi sebuah peluang bagi KPI untuk terus berupaya melakukan amar ma’ruf nahi munkar melalui penciptaan calon-calon SDM bidang komunikasi yang memiliki nilai plus, menguasai keilmuan dan aplikasinya, serta memiliki pengetahuan keagamaan yang memadai untuk menjadi seorang da’i.

Dr. H. Subhan AA. Menambahkan bahwa misi yang berorientasi pada pengembangan dakwah, turut bertanggung jawab dalam upaya amar ma’ruf nahi munkar melalui bidang komunikasi dan informasi, melalui berbagai aspek tri darma perguruan tinggi. Sasaran jurusan KPI adalah menghasilkan para lulusan yang memiliki kompetensi memahami ajaran Islam, Ilmu Komunikasi dan penyiaran, mampu mengaplikasikan materi-materi komunikasi dan penyiaran dalam praktik jurnalistik, mampu menyampaikan dakwah Islamiyah, mampu mengadakan dan mendesain pesan yang berlandaskan Islam, baik melalui mimbar maupun media cetak dan elektronik.

Rektor Dr. H. Mutawali didampingi kasubag humas ketika melakukan kunjungan ke studio mini yang skaligus menjadi laboratorium jurusan KPI di lantai dua gedung fakultas dakwah beberapa hari yang lalu, beliau memberikan apresiasi yang luar biasa kepada seluruh jajaran civitas akademika FDIK yang telah berjuang, mengajak, mendorong dan mengawal agar kampus kita ini memiliki fasilitas praktikum mahasiswa, khususunya jurusan KPI telah memiliki perangkat siar radio dan televisi.

Lebih lanjut Dr. H. Mutawali menjelaskan bahwa keberadaan televisi saat ini merupakan salah satu media yang memilki banyak pengguna, lebih banyak diminati masyarakat karena tak hanya menyajikan tulisan ataupun suara, namun juga gambar yang menambah daya tarik pemirsa.  Keberadaan studio televisi di kampus setidaknya dapat menjadi laboratorium bagi para mahasiswa jurusan KPI untuk mendalami dan mempraktekkan ilmunya.

Mengahiri kunjungannya di studio persiapan, rektor memerintahkan kepada kasubag humas Suhirman Adita agar dikoordinasikan dan dijadwalkan untuk dalam waktu dekat ini TVuin dapat di lounching. Kita berharap kedepan nantinya, keberadaan televisi kampus ini dapat dirasakan kehadirannya sebagai media yang mewartakan berbagai situasi akademik dan non-akademik, baik yang berhubungan langsung dengan kampus maupun dengan masyarakat atau stakeholder lainya. Yang tidak kalah pentingnya juga harus dapat menjadi media publikasi segala aktivitas setiap denyut tri dharma perguruan tinggi. (Adita@humasuin)

 

 

 

 

 

%d blogger menyukai ini: