Berita Humas: Rektor UIN Mataram DR. H. Mutawali menerima kunjungan studi banding rombongan anggota senat IAIN Salatiga di ruang rapat utama rektorat pada hari selasa, 24 Oktober 2017. Turut hadir mendampingi rektor adalah wakil rektor satu Dr. H. Masnun dan wakil rektor tiga Dr. Hj. Nurul Yakin serta direktur pascasarjana dan semua dekan di lingkup UIN Mataram. Kunjungan silaturahmi antar perguruan tinggi islam ini akan berlangsung selama tiga hari kedepan yang jauh sebelumnya telah terjadwal melalui komunikasi kasubag Humas UIN mataram H. Suhirman Adita.

Ketua rombongan senat IAIN Salatiga dipimpin oleh wakil rektor tiga Mohamad Khusen, M.Ag. MA. dengan beberapa anggota yaitu Dr. Benny Ridwan, M. Hum. Suwardi, S. Pd. M. Pd., Dr. Siti Zumrotun, M. Ag. Dr. Mukti Ali, S. Ag., M. Hum. Rovi’in, M. Ag. Nidaul Hasanah, ST. Perjalanan yang cukup menyita waktu sejak dari Salatiga menuju Lombok ditempuh kurang lebih 9 jam sejak pukul 04.00 wib dan tiba di pukul 14.00 wita dengan beberapa kali transit.  Alhamdulillah tidak nampak sama sekali keletihan perjalanan begitu rombongan menginjakkan kaki di kampus UIN mataram, suasana begitu akrab dan penuh dengan kekeluargaan mewarnai pertemuan, menukar canda dengan tawa.

Mengawali sambutanya Rektor mengucapkan selamat datang dan terimakasih atas kepercayaan telah memilih UIN Mataram sebagai lokasi tujuan dalam program kunjungan senat IAIN Salatiga kali ini.   Tentu semua ini adalah atas takdir Ilahi yang telah mempertemukan dua keluarga besar ini untuk kita bisa silaturahmi dan berdiskusi shering informasi dan pengalaman.

Lebih lanjut beliau menjelaskan, perubahan status IAIN yang sudah bertranspormasi menjadi UIN lebih cepat dari target yang direncanakan yaitu pada tahun 2020 namu Alloh berkehendak lebih cepat lebih baik sehingga terwujud pada tahun 2017 ini. Sudah hampir 6 bulan kami menjadi UIN dan kini sedang melakukan penyesuaian sesuai dengan tuntutan nomenklatur yang ada di ortaker dan juga statuta.  Capaian ini tentunya merupakan hasil kerja keras dari para civitas akademika dan seluruh stakeholder serta buah dari beragam kolaborasi yang dilakukan oleh UIN Mataram selama beberapa tahun terakhir.

Sesi akhir dari acara penyambutan rombongan anggota senat IAIN Salatiga yang berlangsung sekitar 1,5 jam tersebut adalah bertukar cendramata dan foto bersama. Rombongan senat akan berada di UIN Mataram selama tiga hari kedepan untuk shering diskusi tentang senat dan manajemen kepemimpinan, selanjutnya besok secara tehnis bisa didiskusikan dengan wakil rektor dan dekan serta direktur pascasarjana.

Dr. H. Mutawali berharap pentingnya UIN Mataram dan IAIN Salatiga untuk mendesain system kolaborasi perguruan tinggi, setidaknya dapat memberi peluang bagi para dosen untuk menulis buku ajar secara kolaboratif, dapat mengakses progran beasiswa dari luar negeri. Hal tersebut mesti harus diupayakan untuk membuka peluang kerja-kerja riset, pengabdian masyarakat maupun pengembangan bidang kemahasiswaan, yang secara bersamaan juga dapat menjadi strategi peningkatan akreditasi lembaga. (Adita@humasuin)

 

 

%d blogger menyukai ini: