Berita Humas: Kedatangan bapak menteri agama Lukman Hakim Saifuddin di asrama haji disambut oleh bapak rektor UIN Mataram Dr. H. Mutawali.  Kompoi iring-iringan bapak menteri agama yang ditemani oleh kepala kantor kanwil agama NTB yang menggunakan mobil Alphard RI 24 yang sebelumnya telah megisi acara di konferensi international alumni al azhar di masjid Hubbul Wathon Islamic Center.

Mengawali sambutanya, Menteri Agama menyampaikan apresiasi kepada seluruh keluarga besar kementerian agama di Provinsi NTB, setahun yang lalu juga pernah hadir di tempat yang sama yaitu di Asrama Haji ini untuk judul kegiatan yang sama. Alhamdulillah kita masih diberikan nikmat sehat sehingga kita bisa berkumpul silaturahmi seperti sekarang ini. Kegiatan yang berlangsung pada hari rabu, 19 oktober 2017 dihadiri ratusan orang keluarga besar NTB yang terdiri dari para pimpinan mulai dari rektor UIN Mataram Dr. H. Mutawali yang didampingi oleh semua wakil rektor, dekan, dan direktur pascasarjana, juga para Kankemenag Kab/Kota se Provinsi NTB, pembinaan para Kepala Madrasah, Kepala KUA Se- NTB.

Saat ini, Kementerian Agama mempunyai program prioritas diberbagai sektor dalam melakukan perubahan. Yang pertama dibidang pendidikan dengan melakukan penguatan pada mahad aly, kedua membuat program ketahanan keluarga berbasis agama, ketiga terkait haji, peningkatan kualitas penyelenggaraan haji harus terus dilakukan melalui transparansi dan akuntabilitas, keempat terkait program kerukunan hidup umat beragama antara intern dan antar umat beragama, dan yang terakhir di era teknologi informasi seperti sekarang perlu membangun sistem informasi terpadu yang terintegrasi.

Beberapa persoalan  harus bisa kita tata dengan baik sehingga energi kita tidak lagi tersita untuk membenahi persoalan internal tapi lebih banyak membenahi persoalan keumatan yang memang harus lebih kita layani. Tantangan Kementerian Agama semakin kompleks seiring dengan terus meningkatnya harapan dan ekspektasi masyarakat. Beberapa terobosan Kementerian Agama mulai diapresiasi publik terbukti dengan beberapa penghargaan yang telah diterima, hal itu harus diikuti dengan upaya untuk terus melakukan pembenahan dan perbaikan dalam melakukan layanan.

Dalam dua tahun terakhir, Kemenag dinilai sedang melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Sejumlah lembaga survei menunjukan hal tersebut. Demikian juga dengan beberapa penghargaan yang diterima, menunjukan bahwa kerja Kementerian yang bermotto ‘Ikhlas Beramal’ dalam rangka mengubah diri untuk lebih memenuhi harapan masyarakat di bidang keagamaan, dinilai semakin baik.

Penyelenggaraan ibadah haji, lanjut Menag, dalam dua tahun belakangan juga banyak diapresiasi. Bahkan, tidak sampai dua tahun, dari urusan pernikahan, Kementerian Agama telah berhasil menyumbang kepada kas negara tidak kurang dari 1.7 triliun. Prestasi ini bahkan mendapatkan apresiasi dari Presiden.

Rektor UIN Mataram yang didampingi oleh kasubag humas H. Suhirman Adita, selama dua hari kedepan akan mendampingi agenda kunjungan bapak menteri agama RI selama di pulau lombok, sejak hari ini beliau menemani bapak menteri dengan beberapa rute yang sudah terscedul di protokoler, selanjutnya malam hari rektor diminta oleh bapak menteri agama untuk menyambut bapak presiden di lokasi kunjungan yaitu di pondok pesantren Komarul Huda Bagu Lombok Tengah.   Acara silaturahmi bapak presiden yang berlangsung di Bagu dibanjiri oleh ribuan masyarakat, selanjutnya iring-iringan panjang kompoi semua petinggi negara mulai dari Menteri Sekretaris Negara, Menteri Agama, Gubernur NTB, Rektor UIN mataram dan pejabat daerah lainnya yang mengantarkan bapak presiden menuju hotel sekitar pukul 00.37 wita dini hari.  (Adita@humasuin)

%d blogger menyukai ini: