Sebulan yang lalu Rektor UIN Mataram Dr. H. Mutawali melantik pejabat struktural eselon III dan IV yaitu kabag dan kasubag di lingkup UIN Mataram, kali ini tepat pada tanggal yang sama yaitu tanggal 18 Oktober 2017 Rektor mengambil sumpah dan melantik 9 orang pejabat untuk mengisi jabatan wakil rektor, dekan dan direktur. Prosesi pelantikan dilaksanakan di Auditorium yang dihadiri oleh puluhan undangan dari unsur pejabat struktural, kajur dan sekjur serta tamu undangan lainnya.

Acara pelantikan diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Rektor oleh Kepala Bagian Organisasi dan Kepegawean Saroji Ilham. Berdasarkan surat keputusan Rektor  UIN Mataram Nomor: 2220 tentang pengangkatan wakil rektor I Dr. H. Masnun, Wakil rektor II Dr. Hj. Faizah dan Wakil rektor III Dr. Hj. Nurul Yakin untuk periode 2017 – 2021. Selanjutnya berdasarkan  surat keputusan Rektor  UIN Mataram Nomor: 2219 tentang pengangkatan Dekan FITK Dr. Hj. Lubna, Dekan Fakultas Syariah Dr. H. Musawar, Dekan FEBI Dr. H. Amir Azis, Dekan FDIK Dr. H. Subhan Abdullah Acim, Dekan Fakultas Ushuluddin dan sosiologi agama Dr. H. M. Zaki dan Direktur Pascasarjana Prof. Dr. Suprapto. Kemudian dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan oleh Rektor UIN Mataram Dr. H. Mutawali yang diikuti oleh semua pejabat yang dilantik.

Dalam naskah surat keputusan rektor yang dibacakan oleh kabag kepegawaian, termuat tugas pokok dan tanggung jawab wakil rektor I yaitu mengemban amanat bidang  akademik  dan  pengembangan kelembagaan, Wakil Rektor II mengemban amanat bidang administrasi umum, perencanaan dan pengelolaan keuangan sedangkan Wakil Rektor III mengemban amanat bidang kemahasiswaan dan kerjasama baik internal maupun eksternal.

Adapun para dekan dan direktur juga mengemban amanat yang tidak ringan, karena merupakan mercusuar sebuah lembaga perguruan tinggi adalah terletak pada kualitas akademik, dan para dekan dan direktur yang dilantik inilah sebagai penggerak atmosfer akademik tersebut, karena berhubungan langsung dengan proses keilmuan mahasiswa.
Usai melantik dan mengambil sumpah, Rektor dalam sambutannya berpesan agar pejabat yang dilantik dapat langsung bekerja dengan menjunjung tinggi integritas dan profesionalitas. Rektor juga berpesan agar kita dapat membangun tim yang fokus pada tujuan, jangan menjadi tim yang fokus pada masalah, namun tidak sampai meraih tujuan karena fokus pada masalah saja.  Secara internal dan eksternal kita akan tingkatkan layanan akademik dan pengelolaan terbaik untuk kenyamanan seluruh civitas akademika.  Mari kita implementasikan sistem tata kelola yang baik, koordinasi yang efektif dan terbangunnya sistem yang humanistik untuk menumbuhkan kesadaran kita bersama atas amanah dan tanggungjawab.

Lebih lanjut rektor menyampaikan bahwa pelantikan ini hendaklah jangan dimaknai sekedar penempatan figur-figur pejabat pada jenjang jabatan tertentu, melainkan lebih diutamakan untuk melakukan pembenahan dan pemantapan organisasi dalam rangka meningkatkan kinerja penyelenggaraan tugas dan pelayanan umum. Para pejabat yang baru diharapkan menjadi roda penggerak untuk bergulirnya fungsi-fungsi manajemen dan administrasi, baik yang dilakukan secara sinergis, paralel maupun parsial oleh unit-unit kerja.

Mengahiri sambutanya Dr. H. Mutawali mengucapkan, atas nama pimpinan dan seluruh civitas akademika mengucapkan selamat kepada para wakil rektor, dekan dan direktur yang sudah dilantik, semoga mampu mengemban amanat yang telah dipercayakan dan membawa lembaga UIN Mataram ke depan menjadi semakin maju dan kompetitif diantara perguruan tinggi lain, sebagaimana yang tertuang dalam visi misi lembaga.(Adita@humasuin)

%d blogger menyukai ini: