Berita Humas: Jika pepatah lama mengatakan “banyak jalan menuju roma” maka kali ini UIN Mataram ingin menafsirkannya menjadi lebih oprasional lagi menjadi “banyak jalan mendapat beasiswa”.  Barangkali ungkapan itu  sangat tepat dan menjadi angin segar buat para mahasiswa UIN Mataram.  Disamping banyak jenis beasiswa yang dapat diakses oleh mahasiswa baik itu beasiswa bidik misi, beasiswa prestasi, beasiswa kementerian, beasiswa BUMN dan BUMD dan kali ini rektor bersama jajaran pimpinan lainya sedang mengupayakan beberapa jalur untuk mendapat akses beasiswa.

Plt. Wakil Rektor Dua Dr. H. Amir Azis di ruang kerjanya mengatakan bahwa tahun anggaran 2017 ini lembaga membangun kerjasama kemitraan dengan beberapa bank diantaranya yaitu Bank NTB syariah, Bank BNI Syariah dan Bank Bukopin. Ketiga bank tersebut memiliki wilayah yang berbeda.  Kalo bank ntb syariah dikhususkan untuk wilayah fakultas ilmu tarbiyah dan kependidikan, sedangkan bank bni syariah untuk fakultas syariah, fakultas ekonomi dan bisnis, fakultas dakwah dan ilmu komunikasi serta fakultas ushuluddin. Begitu juga dengan bank bukopin yang memiliki wilayah khusus melayani mahasiswa pascasarjana.

Lebih lanjut Dr. H. Amir Azis mengatakan bahwa kontrak kerja atau MOU yang dibangun antara ketiga bank mitra tersebut dilakukan setelah mempelajari dan konsultasi beberapa kali dengan pihak pimpinan sehingga keduabelah pihak bersepakat untuk penandatanganan MOU yang berlaku dua tahun yaitu 2017 s/d 2019.  Setelah dua tahun nanti akan dievaluasi berdasarkan klousul-klousul yang tertuang dalam MOU.

Beberapa point penting yang ditangani oleh semua bank mitra adalah proses pembayaran uang kulia tunggal (UKT), selanjutnya pihak mitra akan menyediakan layanan spesial di kampus mulai dari proses pembayaran, pengambilan fhoto untuk kebutuhan kartu tanda mahasiswa (KTM) yang juga sekaligus dapat berfungsi menjadi ATM. Serta akan memebrikan support terhadap kegiatan lembaga dan juga mahasiswa. Kemudahan pelayanan yang diberikan kepada seluruh mahasiswa adalah tidak perlu repot-repot ke bank, melainkan bank akan membuka layanan di kampus satu dan dua, mahasiswa cukup datang hanya 5 menit saja dengan menunjukkan virtual account proses jadi lebih mudah, cepat dan tuntas.

Rektor UIN Mataram Dr. H. Mutawali yang didampingi oleh Dekan FITK, Dr. Hj. Nurul Yakin, Dekan FDIK Dr. Hj. Faizah,  Dekan FS Dr. H. Musawar dan Direktur Pascasarjana Dr. H. Nazar Na’amy pada saat penandatanganan MOU dengan bank mitra di ruang rektor beberapa waktu lalu.  Rektor berharap kepada pihak mitra agar dapat menjadi mitra kerja yang baik dan lebih mengutamakan pelayanan dan kepuasan mahasiswa, karena sudah beberapa tahun ini lembaga menerapkan sistim pembayaran SPP atau yang sekarang disebut UKT harus tepat sesuai jadwal yang ditetapkan dalam kalender akademik. Tidak ada masa perpanjangan karena akan berdampak pada kalender akademik seperti wisuda dan lainya.

Dr. H. Mutawali berharap agar semua bank mitra UIN Mataram bisa lebih mendekatkan layanan seperti membangun kabin ATM di kawasan kampus, sehingga mempermudah mahasiwa untuk melakukan transaksi lewat ATM karena satu paket dengan KTM. Selanjutnya rektor juga optimis terhadap berbagai upaya terobosan lembaga yang sedang melakukan komunikasi dengan DPR RI, DPD RI, Kementerian Agama RI, Kemendikti, Kominfo, BUMN, BUMD dan jalur-jalur lainya yang berpotensi memberikan beasiswa.  Tentu saja, untuk mendapatkan akses seluas-luasnya bagi beasiswa tersebut harus disertai dengan peningkatan prestasi akademik.  Semoga dalam waktu dekat semua harapan terbaik untuk akses jalur beasiswa kita bisa terjawab. (Adita@humasuin)

%d blogger menyukai ini: