Berita Humas: Rektor UIN Mataram Dr. H. Mutawali didampingi oleh Kasubag Humas H. Suhirman Adita, M. Pd. Melakukan kunjungan atau sidak ke beberapa unit yang ada di sekitar kawasan kampus satu Jl. Pendidikan No. 35 Mataram. Kunjungan tersebut dilakukan sebagai upaya memantau langsung perkembangan aktfitas kinerja dan untuk mendapatkan informasi akurat di lapangan.  Adalah menjadi satu kebiasaan bagi Dr. H. Mutawali yang selalu menyempatkan diri untuk melakukan kunjungan ke setiap fakultas dan unit pelayanan yang ada di lingkup kampus satu dan dua. Dalam penilaian rektor waktu sidak melihat bahwa perpustakaan harus didesain seperti mall yang memiliki daya tarik pengunjung yang luar biasa,  artinya mall informasi dengan desain pelayanan dengan koleksi buku yang tertata dan menarik.

Lebih lanjut Dr. H. Mutawali mengatakan bahwa perpustakaan adalah jantung institusi pendidikan, Sebab tridharma perguruan tinggi yang berkaitan dengan penelitian dan pengabdian masyarakat dapat diakses oleh pengunjung dan juga masyarakat melalui publikasi perpustakaan.  Rektor berharap agar pengelola perpustakaan dapat merancang sistem layanan yang terintegrasi dengan semua fakultas, unit kerja dan bagian. Perpustakaan bukan hanya sebagai gudang buku, tapi meski diisi oleh refrensi yang menarik menjadi rujukan bagi para mahasiswa dan dosen. Selanjutnya juga  sebagai penyebar informasi dari seluruh kegiatan hasil olah pikir penelitian civitas akademika, seperti skripsi, tesis, disertasi dan laporan-laporan pengabdian masyarakat, agar diarsipkan sekaligus mengoleksi hasil laporan untuk kemudian diakses oleh stakeholder dan juga masyarakat.   Kerjasama antar bagian dalam laingkup universitas sangat penting untuk membangun citra perguruan tinggi, yang demikian akan memberikan ruang besar bagi publik untuk mengenal perpustakaan kampus kita secara promotif sehingga dapat meningkatkan daya saing perguruan tinggi, baik secara local maupun nasional.

Rektor mengapresiasi kinerja kepala beserta seluruh jajaran pengelola perpustakaan UIN mataram atas upaya dan inovasi serta layanan yang disuguhkan kepada mahasiswa dan pengunjung lainnya. Selanjutnya rektor  memerintahkan kepada kepala UPT Perpustakaan Ibu Rika Kurniawati agar berkoordinasi dengan bagian umum untuk minta tambahan pendingin udara atau AC di ruang baca lantai satu dan lantai dua agar dilengkapi semua.   Kunjungan mahasiswa yang padat setiap hari rata-rata 230 sampai 250 mahasiswa harus dibarengi dengan kenyamanan fasilitas yang memadai.  Rektor merasakan ada peningkatan suhu atau tekanan udara di dalam ruangan dengan di luar, karena ratusan orang yang berada dalam ruangan tersebut membutuhkan udara dan mengeluarkan udara, sehingga sirkulasi udara harus bagus, AC yang memadai harus segera dilengkapi untuk menjamin kenyamanan para mahasiswa dan dosen yang berkunjung ke  perpustakaan.  (Adita@humasuin)

%d blogger menyukai ini: