Kabar Rektorat: Perhelatan Akbar Konferensi Internasional yang diprakarsai oleh UPT. Pusat Pengembangan Bahasa UIN Mataram yang  dipusatkan pelaksanaannya di Hotel Jayakarta Senggigi secara resmi dibuka oleh Rektor UIN Mataram Dr. H. Mutawali pada hari sabtu 14 Oktober 2017 dihadiri oleh 45 peserta. Dalam sambutanya yang menggunakan bahasa arab beliau sangat tertarik dengan antusias para peserta dari berbagai univeritas islam tanah air dan mancanegara yang telah hadir pada kegiatan yang mengusung tema yaitu Bahasa Arab dan Pariwisata Syariah: Peluang dan Tantangan dalam Pembangunan Berkelanjutan.

Lebih lanjut rektor mengungkapkan bahwa fungsi bahasa dalam kehidupan sehari-hari bagi kehidupan manusia di dalam berinteraksi satu sama lain memiliki posisi yang sangat penting, baik dalam  cakupan yang sempit maupun luas. Lebih jauh lagi kancah global, maka peran bahasa dimaksud adalah bahasa komunikasi lintas negara atau yang lebih populer disebut dengan bahasa internasional.

Bagi kami di UIN Mataram khususnya, sebagaimana juga yang terjadi di semua Perguruan Tinggi Islam di Indonesia, kehadiran bahasa arab dan inggris seolah-olah menjadi bahasa mata kuliah primadona. Hal ini dapat dilihat dari literatur-literatur asing yang masuk ke Indonesia mayoritasnya adalah literatur yang menggunakan bahasa pengantar dari kedua bahasa asing tersebut, dan juga tidak hanya bergelut dengan literatur-literatur asing sebatas pada aktivitas perkuliahan saja, namun lebih luas lagi UIN Mataram telah menjalin kerja sama ‘kemitraan’ dengan negara-negara yang bahasa pengantar negaranya adalah bahasa Arab dan Inggris, seperti Malaysia, Filipina, cina, Australia, Sudan, Saudi Arabia, turki, maroko dan lainnya.

Mengakhiri sambutanya, rektor menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada panitia konferensi dan pusat pengembangan bahasa UIN Mataram yang telah berhasil menggelar kegiatan ini. Selamat berkonferensi semoga dapat melahirkan kreativitas dan inovasi yang berkaitan dengan metode, media, bahan ajar, dan evaluasi pembelajaran. Shering pengalaman dengan peserta konferesi dari berbagai univeritas seperti Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, Inggris, Filipina, Australia, Libya, Sudan, Oman, Saudi Arabia, Aljazair, Jordania, Irak, dan Kuwait akan sangat berharga.

Bupati Lombok barat Fauzan Halid dalam sambutanya di acara gala diner bersama semua peserta konferensi menyampaikan apresiasi dan menjadi suatu kehormatan dan kebanggaan bagi pemerintah dan masyarakat Lombok Barat yang telah didatangi oleh para alim ulama dan fakar dari berbagai universitas islam dunia.  Terimaksih kepada bapak rektor UIN Mataram dan jajarannya yang telah mempercayakan acara ini dilaksanakan di wilayah Lombok Barat, semoga kegiatan ini menjadi pertanda kemajuan dan keberkahan dalam pengembangan dunia pendidikan, ekonomi dan pariwisata syariah.

Lebih lanjut Fauzan menegaskan bahwa kolaborasi dan kerjasama yang dibangun oleh UIN Mataram hari ini dengan berbagai universitas mancanegara, bagi kami pemerintah daerah khususnya Lombok barat yang memiliki banyak destinasi wisata merasa penting untuk menindaklanjutinya dengan terobosan promosi secara detail ke Negara-negara yang menjadi delegasi kegiatan ini.

Mengahiri sambutanya, bapak Bupati berharap agar UIN Mataram terus dapat menjadi mitra pemerintah daerah khususnya Lombok Barat dan Pemerintah Provinsi NTB untuk bersinergi menyapa dunia melalui program pembangunan pariwisata halal yang berkelanjutan. Insyaalloh dalam waktu dekat, Bapak Gubernur bersama Rektor UIN Mataram dan Bupati Lombok Barat akan dijadwalkan presentasi konsep pembangunan pariwisata syariah yang berkelanjutan di Oman Sultan Qobus University dan University Of Madinah. (Adita@humasuin)

%d blogger menyukai ini: