Kabar Rektorat: Dalam waktu dekat ini UIN mataram kembali menjadi tuan rumah kegiatan bertaraf internasional yang akan dihadiri oleh 15 negara dan puluhan univeritas di indonesia. Kegiatan yang diprakarsai oleh UPT. Pusat Pengembangan Bahasa UIN Mataram rencananya akan dipusatkan pelaksanaannya di Hotel Jayakarta Senggigi tanggal 13 – 15 oktober 2017 yang mengusung tema “Bahasa Arab dan Pariwisata Syariah: Peluang dan Tantangan dalam Pembangunan Berkelanjutan”

Ketua Pusat Pengembangan Bahasa (P2B UIN Mataram) Dr. H. Lalu Supriadi yang juga sebagai ketua panitia konferensi internasional bahasa arab menjelaskan tujuan kegiatan ini adalah mendiskusikan dan merumuskan berbagai permasalahan pembelajaran bahasa Arab & sastra, agama Islam, serta menemukan solusi atas berbagai problematika yang dihadapi. Selanjutnya mendiskusikan aspek-aspek nilai dalam pembelajaran bahasa & sastra Arab. Kemudian juga untuk melahirkan kreativitas dan inovasi yang berkaitan dengan metode, media, bahan ajar, dan evaluasi pembelajaran bahasa Arab & sastra.

15 Negara sudah menyatakan kesanggupanya untuk mengikuti konferensi internasional ini yang dilanjutkan dengan diskusi mengenai berbagai penelitian dan penemuan terkait perkembangan dan interaksi bahasa dan sastra Arab. Selain dari luar negeri, terdapat puluhan universitas dalam negeri yang sudah konfirmasi sebagai peserta konferensi, adapun yang hadir terdiri atas dosen, peneliti, dan dosen bahasa Arab. Beberapa universitas delegasi luar negeri yang sudah memastikan kehadiranya adalah dari Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, Inggris, Filipina, Australia, Libya, Sudan, Oman, Saudi Arabia, Aljazair, Jordania, Irak, dan Kuwait.

Rektor UIN Mataram Dr. H. Mutawali dalam sambutanya pada saat rapat persiapan panitia konferensi internasional bahasa arab yang berlangsung di ruang rapat utama rektorat yang digelar bebrapa hari lalu sangat optimis  melihat kesiapan pelaksanaan konferensi ini. Alhamdulillah tahun ini kembali kita diberikan amanah dan kepercayaan sebagai tuan rumah pelaksanaan perhelatan internasional yang akan dihadiri oleh delegasi dari kalangan dosen, peneliti, dan dosen Bahasa Arab.

Beliau berharap agar kegiatan internasional ini dapat juga mendorong kreatifitas dan inovasi pembelajaran bahasa Arab dan agama Islam serta untuk memberikan wadah bagi pertemuan ilmiah akademik dalam bidang agama Islam, bahasa Arab, dan pengajarannya. Disamping itu beliau memastikan bahwa dalam agenda konferensi nantinya agar diperbanyak seminar yang akan membahas mengenai pengembangan keilmuan dan profesionalitas bahasa Arab.

Lebih lanjut beliau tegaskan bahwa rekomendasi penting yang diharapkan adalah diharapkan mampu memberikan masukan akademis dan strategis untuk pengembangan dan pembelajaran serta pengkajian dalam hal bahasa, sastra, dan budaya demi kemajuan pendidikan di dunia. Selain itu, dalam rangka pengembangan lembaga sebagaimana yang tercantum dalam rencana pembangunan jangka panjang untuk menuju World Class University, maka dipandang penting untuk ditindaklanjuti kepada semua delegasi universitas dalam negeri dan luar negeri yang hadir agar dapat menjadi mitra kerjasama.

Berdasarkan pantauan langsung rektor yang didampingi oleh kasubag humas H. Suhirman Adita ke sekretariat panitia hari rabu, 11 Oktober 2017, rektor memberikan motivasi dan semangat kepada panitia agar memaksimalkan persiapanya untuk menghadapi tamu kita yang dari berbagai univeritas di tanah air dan dari 15 negara yang dalam beberapa hari ini akan mulai berdatangan. Rektor memerintahkan agar semua agenda sebagaimana yang tersusun di time schedule kegiatan dipastikan terlaksana dengan baik mulai dari penyambutan peserta di bandara internasional Lombok, lokasi acara, transportasi, akomodasi dan publikasi agar dimaksimalkan. (Adita@humasuin)

%d blogger menyukai ini: