Kabar Rektorat: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi  (FDIK) Universitas Islam Negeri Mataram menggelar kegiatan pembekalan bagi mahasiswa yang berlangsung di Auditorium pada hari selasa, 3 Oktober 2017. Kegiatan yang dibuka oleh Plt. wakil rektor 1 bidang akademik Dr. H. Masnun Tahir didampingi oleh Dekan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Dr. Hj. Faizah, beserta jajaran Plt. Wakil dekan 1, 2 dan 3, pejabat struktural di tingkat fakultas, begitu juga dengan ketua jurusan dan sekretaris jurusan serta beberapa dosen hadir pada kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya, Dr. Hj. Faizah menyampaikan apresiasi kepada seluruh panitia yang telah bekerja maksimal mempersiapkan hingga terlaksananya kegiatan ini.  Selanjutnya mengungkapkan bahwa kegiatan pembekalan ini merupakan proses dan tahapan yang sangat penting dilakukan sebelum mahasiswa terjun ke berbagai lokasi P KL. Pembekalan ini diharapkan mampu memberikan gambaran dan arah pelaksanaan praktikum berbasis aplikatif, langsung menyentuh, dan bermanfaat.

Lebih lanjut beliau menyampaikan jumlah mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan PKL ini adalah sebanyak 288 orang dan akan disebar di  33 lokasi se pulau Lombok.  Kegiatan PKL yang dijadwalkan akan berlangsung selama satu bulan ini akan megmabil lokasi di beberapa dinas isntansi, BUMN dan BUMD serta lembaga publik mulai dari TVRI, RRI dan semua perusahaan media cetak dan elektro yang ada di setiap kabupaten kota.

Wakil rektor 1 Dr. H. Masnun yang mewakili rektor dalam sambutanya menyatakan bahwa eksistensi fakultas dakwah dan ilmu komunikasi di ranah publik khususnya di Nusa Tenggara Barat ini sangat memberikan kontribusi melalui kiprah para dosen dan para alumninya yang merupakan produk dari beberapa jurusan yang dimiliki yaitu jurusan penyiaran islam, jurusan bimbingan konseling islam, jurusan pengembangan masyarakat islam dan jurusan manajemen dakwah.

Kegiatan pembekalan kali ini yang menghadirkan kepala dinas sosial provinsi dan dinas Komunikasi dan Informasi Kota Mataram sebagai narasumber sangatlah tepat dalam memberikan pengetahuan, bimbingan dan arahan secara tehnis bahkan dukungan penuh nanti di lokasi.  Selanjutnya ia berharap agar mahasiswa tetap menjaga sopan santun, akhlak, dan memaksimalkan kompetensi yang dimiliki.  Secerdas apapun kita, jika memasuki sebuah tempat yang baru harus yang pertama dilakukan adalah beradaptasi dulu, kita berada di dunia kerja dan harus mengikuti aturan-aturan yang berlaku.

Dalam kesempatan yang sama setelah selesai acara pembukaan, ketua panitia PKL Habib Alwi yang juga sebagai ketua jurusan pengembangan masyarakat islam, secara tekhnis menjelaskan bahwa kegiatan PKL kali ini diharapkan menjadi formulasi yang sempurna karena jauh sebelumnya telah dipersiapkan secara matang mulai dari proses pedaftaran, survey lokasi, penetapan lokasi, proses administrasi surat menyurat, persetujuan, pembekalan, selanjutnya mahasiswa akan konsultasi dg dosen pembimbing, pelepasan serah terima di lokasi, menjalani proses pkl 1 bulan di lokasi, kemudian monitoring, dan finalnya nanti penarikan mahasiswa PKL dari lokasi.

Demikian juga plt. Wakil Dekan 1 bidang akademik Dr. H. Fahrurrozi menambahkan, mahasiswa juga dibekali dengan kemampuan menulis laporan dengan tujuan untuk melatih mahasiswa agar mampu mengembangkan atau mengemukakan pikiran dan pendapatnya serta mampu menuangkannya dalam bentuk tulisan yang sistematis dan logis, dan juga untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa  dalam penulisan yang bersikap objektif dan ilmiah. Yang tidak kalah penting juga sebagai pertanggungjawaban mahasiswa sekaligus sebagai salah satu bukti yang bersangkutan telah melakukan PKL dengan baik. (Adita@humasuin)

%d blogger menyukai ini: