Sambutan Rektor acara Pembinaan ASN dan halal Bi Halal Keluarga Besar UIN Mataram

Keluarga besar Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram menggelar kegiatan Pembinaan ASN yang dirangkai dengan Halal Bi Halal dan pelepasan calon jamaah haji di auditorium UIN Mataram, Rabu (5/7/2017).

Tema yang diangkat ialah membentuk ASN profesional dan mengokohkan persaudaraan keluarga besar UIN Mataram menuju kampus yang memahat kebaikan dengan ‘cinta’.

Rektor UIN Mataram, Dr. H. Mutawali, M.Ag dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada para sesepuh, peletak dasar pondasi Institusi UIN Mataram dan seluruh tamu undangan, civitas akademika yang berkenan hadir pada acara ini.

Menurut Rektor, Transformasi UIN Mataram sudah memasuki babak baru dengan disahkannya draf Ortaker oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) yang selanjutnya akan ditindaklanjuti dengan penerbitan Peraturan Menteri Agama PMA) sebagai dasar operasionalnya.

Rektor berharap, energi positif transformasi kelembagaan ini membawa banyak ‘cinta’, membawa kebesamaan ini kepada level yang lebih tinggi yaitu persaudaraan. Persaudaraan yang secara sadar secara bersama sama merasa bahwa transformasi ini adalah sebuah tantangan yang harus dijawab bersama untuk lebih bekerja keras dalam menutup kelemahan kelemahan menuju kemajuan dan kualitas lembaga kearah yang lebih baik.

“Saya secara pribadi dan sebagai pimpinan memohon maaf dan memberi maaf kepada kita semua, saya berharap momentum kegiatan pembinaan ASN dan Halal Bi Halal ini terus menghadirkan energi positif untuk kita bersama sama memajukan lembaga ini, menghargai jasa dan kerja keras para sesepuh dan peletak dasar Institusi ini. Tugas kita seterusnya menjaga dan mengembangkan lembaga ini menjadi lebih baik, jaya dan semakin berkualitas kedepannya, “harap Rektor.

Setelah sambutan , acara dilanjutkan dengan pemberian tausiyah yang disampaikan oleh Dr. Masnun, M.Ag, Wakil Rektor I bidang akademik yang pada intinya menyampaikan uraian dari apa yang disampaikan Rektor pada sambutannya yang menekankan pada pentingnya silaturrahim kaitannya dengan upaya membangun dan menggugah semua lapisan baik internal, eksternal maupun hubungan dengan Tuhan yang maha kuasa dalam upaya pengembangan Institusi yang maju dan berkualitas.

Acara berikutnya dilanjutkan dengan pembinaan ASN yang disampaikan Drs. Ahmadi, M.Ag, Kepala Biro Kepegawean Kementerian Agama RI yang mengupas secara detail bagaimana menjadi ASN sesuai amanat Undang-Undang ASN Nomor 5 Tahun 2014. Tujuan akhir dari amanat UU ASN Nomor 5 Tahun 2014 adalah bagaimana menjadi ASN yang profesional yang dicirikan dengan prilaku kerja yang secara terus menerus menerus dapat menemukan ide untuk melakukan perubahan perubahan kearah yang lebih baik sebagai individu maupun institusi. Perubahan kearah yang lebih baik adalah bukti dari ASN yang profesional yang sedikitnya memiliki 3 (tiga) indikator inti yaitu Kompetensi, Komitmen dan Etos Kerja. Hal yang sangat penting adalah bagaimana peran penting pimpinan dalam memupuk sikap profesional dari bawahannya.

“Kata kuncinya adalah keberpihakan dan kepedulian bukan kebencian dan pembalasan. Bahwa karakter terbaik, literasi terbaik dan semangat perubahan kearah yang lebih adalah peluang terbaik untuk menjadikan lembaga ini maju dan berkualitas”, paparnya.

Terakhir, acara dilanjutkan dengan pelepasan calon jamaah haji dari UIN Mataram soraya berdo’a semoga perjalan jamaah haji di berikan kelancaran dan memperoleh predikat haji yang mabrur, serta yang belum berkesempatan menunaikan ibadah haji diberikan kesehatan dan keluangan menunaikan ibadah haji pada kesempatan berikutnya. Kegiatan ini dihadiri sekitar 300-an peserta. Tampak hadir segenap unsur pimpinan, para dosen, tenaga kependidikan, sesepuh, guru Besar dan undangan lainnya. (Humas UIN Mataram)

%d blogger menyukai ini: