Berita FITK (17/5). Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram, Selasa (16/5) resmi dilaksanakan di Asrama Haji NTB. Rektor UIN Mataram Dr. H. Mutawalli dalam sambutannya menyambut baik kegiatan tersebut. Menurutnya kegiatan ini adalah cara positif meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para dosen yang akan menjadi peneliti, pengabdi dan pembimbing Lapangan.

2Penguatan ini, mudahan dapat memberikan kontribusi kepada para dosen sehingga kualitas dan kapabilitas penulisan, pengabdian dan pembimbingan lebih baik lagi. Dosen yang baik tidak semata mengajar. Rektor berharap dengan menghadirkan narumber nasional semisal Prof. Mifedwil Jandra dan Dr. Mahrus el Mawa dari Kementerian Agama RI mampu menjadi sfirit baru dalam kegiatan ini. Ungkapnya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh sekitar 190 dosen yang dinyatakan lulus proposal penelitian, pengabdian dan pembimbingan KKP oleh LP2M. Pada kegiatan pembukaan tersebut selain rektor. Wakil rektor I, Wakil Rektor III dan pimpinan dekan se UIN Mataram menghadiri acara tersebut. Menurut Ketua LP2M, Dr. M. Sobri, M. Pd dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan ini bukan semata refreshment, namun disisi lain dalam upaya meningkatkan kompetesi para dosen. Mudahan dengan terselenggaranya kegiatan ini proses yang dilalui dalam penelitian, pengabdian dan pembimbingan KKP lebih baik dalam prosesnya nanti, termasuk bagaimana membuat laporan yang akuntabel. Tutupnya.

5678Dua narasumeber nasional yaitu Prof. Mifedwil Jandra menyampaikan thema bagaiamana mendesain proposal kompetetitif dan bagaimana mengelola hasil penelitian menjadi artikel jurnal dan buku. Narasumber berikutnya Dr. Mahrsu el Mawa dengan materi pengenalan metode pengabdian berbasis penelitian ABCD dan CBR, model PAR dalam KKP Mahasiswa KKP.

Sedangkan pada hari Rabu diisi oleh Dr. M. Sobri , M.Pd dengan thema Kebijakan Penelitian, pengabdian dan KKP 2017 dan terakhir Dr. Pongky Ariwijaya, MM dengan materi kebijakan dan teknik laporan keuangan penelitian dan pengabdian masyarakat 2017.

Kegiatan tersebut berjalan lancar, nampak antusiasme dosen/peserta dari pertanyaan yang muncul setiap sesi hingga pelaksanaan tersebut berahir yang ditutup langsung secara resmi oleh Ketua LP2M.

Dalam sesi diskusi, Prof. Jandra memberikan refreshment kepada peserta tentang bagaimana cara dan metodologi peneluisan proposal yang unik, baik, dan menarik, dengan kerangka konseptual proposal yang dapat terpublikasi hasil penelitannya di jurnal terkakreditasi nasional atau internasional, serta bagaimana strategi penulis agar karya dapat diakses secara massal oleh insan akademik.

Berikutny Dr. Mahrus el Mawa juga menyampaikan materi tentang metode pengabdian berbasis penelitian ABCD, CBR dan model PAR dalam KKP. Materi yang disampaikan mengulas aturan semisal PMA 55/2014 tentang penelitian dan pengabdian dengan mengekplorasi prinsip penelitian, tujuan penelitian, tujuan pengabdian pada masyarakat, model pengabdian di PTKI, penelitian berbasis komunitas, tahapan CBR, Asset Based community-Driven Development (ABCD), prinsip ABCD dan lainnya.

Secara eksploratif, Dr. mahrus mencoba mengkritisi model KKP saat ini yang cenderung kurang dapat berinteraksi denga masyarakat setempat. Sepertinya masyarakat setempat tidak memiliki kontribusi dalam penguatan kapasitas dam komunitasnya. Sehingga kerapkali mahasiswa yang melaksanakan KKP cenderung kurang mendapat respon dari masyarakat dikarenakan kurangnya pemahaman mahasiswa tentang bagaimana pola KKP yang baik.

Untuk itu, Ia berharap model pendampingan mestilah dapat bersinergi dengan masyarakat setempat dengan menggali dan merumuskan bersama kebutuhan, permasalahan dan kepentingannya untuk dirumuskan bersama antar masyarakat dengan pendamping.

Dengan model yang saya tawarkan tersebut diatas, kiranya kontribusi UIN Mataram dapat mmemberikan dampak signifikan. Tentunya dengan pengetahuan dosen dapat diaktulaisasikan pada mahasiswa dan dapat juga diamalkan oleh mahasiswa nantinya di lapangan.

Sesi berikutnya Dr. M. Sobry, M.Pd secara general menyampaikan tentang kebijakan institusi UIN Mataram dalam KKP 2017. Pada sesi terakhir materi yang disampaikan Dr. Ponky Ariwijya, MM tentang kebijakana dan teknik laporan keuangan penelitian dan pengabdian masyarakat mendapat respon dan tanggapan dari peserta. (*chae

%d blogger menyukai ini: