BERITA FITK. (13/5). Nama Program Studi (Prodi) Tadris Matematika UIN Mataram kembali terbit di tingkat nasional melalui kegiatan Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami (Si MaNis) 2017 yang diselenggarakan oleh Jurusan Matematika Fakultas Sains dan Teknologi  Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang atas kerja sama dengan The Indonesian Mathematical Society (IndoMS), di UIN Malang, Kamis, 6 Mei 2017 kemarin.

Kegiatan yang bertema “Internalisasi Nilai-nilai Keagamaan Melalui Matematika untuk Membentuk Karakter Bangsa” itu, diikuti oleh salah seorang mahasiswa matematika semester VIII UIN Mataram atas nama Zulfan Rhamdani, yang juga bertindak sebagai pemakalah di bidang teknologi pendidikan dengan judul “Kombinasi Delphi dan Geogebra sebagai Media Pembelajaran Dimensi Tiga”. Presentasi yang dibawakan dalam kegiatan tersebut mendapat apresiasi yang baik dari berbagai pihak khususnya UIN Maulana Malik Ibrahim yang juga kerap disapa dengan UIN Malang. “Saya masih pertahankan hak cipta dari media pembelajaran yang saya rancang, karena ini termasuk tanggung jawab dalam skripsi saya juga” jelasnya pada Tim JKa (Jurnalis Kampus) ketika dimintai izin penggunaan media yang dihasilkan oleh pihak penyelenggara. Dalam agenda itu juga, makalah yang layak akan dimuat dalam Jurnal Cauchi (jurnal berindeks DOAJ) berdasarkan pengumuman hasil presentasi pada 20 Juni 2017 mendatang.

DSCN1461DSCN1476

Sebelum itu, nama Tadris Matematika diharumkan pula di tingkat nasional oleh Sukma Mawaddah, yang juga mahasiswi semester VIII dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah di Universitas Negeri Medan, pada 7 April 2017 lalu, dalam kegiatan Festival Ilmiah Mahasiswa Universitas Negeri Medan. Dengan mengangkat judul“Mengembangkan Kemampuan Berpikir Logis dengan Pendekatan Etnomatematika” mengantarkannya pada peringkat ke-6 dari 400 orang peserta lomba.

Dr. Syamsul Arifin, M.Ag., selaku Ketua Prodi Tadris Matematika yang baru saja mendapatkan akreditasi B itu, terus berupaya meningkatkan kualitas calon lulusan matematika dengan menumbuhkan kemampuan kompetitif melalui even-even nasional dengan karya-karya inovatif mahasiswa. “Kita terus berusaha mencetak mahasiswa yang bermental kompetitif melalui keikutsertaan dalam even-even nasional yang diharapkan tembus go internasional nantinya” ungkapnya tegas ketika ditemui oleh Tim JKa di Ruang Prodi Tadris Matematika, satu hari silam.

Dalam kesempatan yang sama pula, KaProdi yang berhasil membawa Tadris Matematika menjadi juara umum PORSENI FITK 2016 tersebut, mengharapkan Tadris Matematika UIN Mataram menjadi tujuan wisata. “Sasaran kita adalah menjadikan Tadris Matematika sebagai destinasi pendidikan” tuturnya kepada Tim JKa. (JKa-: UQ*chae)

%d blogger menyukai ini: