BERITA FITK (25/4). Sekitar 70 orang mahasiswa FITK UIN Mataram yang tergabung dalam rumpun aktivis mahasiswa lingkup Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) se FITK UIN Mataram, pada Hari Sabtu 22 April 2017 diundang oleh Dekan FITK UIN Mataram dalam kegiatan Outing Class dan Outboud dengan thema Membangun Soft Skills, Semangat Pembelajar, dan Mental Kepemimpinan, berjalan lancar di Sesaot Lombok Barat.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Dekan, Dr. Hj. Nurul Yakin, M. Pd., Wakil Dekan I Dr. H. Adi Fadli, Wakil Dekan II Dr. H. M. Zaki, M.Pd dan Dr. Baharudin, M.Ag. Acara tersebut didesain dengan melibatkan keterwakilan aktivis se FITK untuk 10 jurusan. Menurut Ketua Panitia, Dr. Baharudin di tempat kegiatan berlangsung, bahwa kegiatan ini dalam rangka penguatan mental kepemimpinan dan membangun semangat pemebelajar mahasiswa. Menurutnya, FITK UIN Mataram tidak menginginkan para aktivis tersebut lalai dalam perkuliahannya, sehingga melupakan tujuan utamanya untuk studi. Banyak aktivis terlena lebih mengutamakan organisasi, sibuk urus kegiatan, melupakan kuliahnya. terangnya.

Untuk itu, Kami menskenariokan pelatiahan ini diluar kelas, outing class model sekaligus outbound. Paparnya. Narasumber yang dihadirkan yakni Dekan, Wakil Dekan I dan Wakil Dekan II untuk secara langsung memberikan  pembekalan dan pelatihan melalui permainan yang telah disiapkan.

1237641418Nampak antusiasme peserta yang mengikiti kegiatan tersebut. Kegiaatan yang dilaksanakan mulai jam 09.00-15.00 penuh apresiasi, canda dan tawa trainer dan peserta. Salahsatu permainan yang sempat diliput oleh TEAM BERITA FITK yaitu “MEREM ISI AIR”. Permainan tersebut, menurut Sekretaris Panitia Khairil Anwar, S.PdI., M.Si bahwa permainan tersebut dilakukan dengan model kelompok dan beradu antar team. MAsing-masing team diminta untuk membuat barisan memanjang dengan menyiapkankan toplaiss yang berisi bola-bola, peserta diminta untuk mengisi toplais tersebut dengan air yang tersedia di kali. Setiap peserta diminta untu mengisi air dengan mata terpejam hingga toplais penuh air dan bola tumpah dari toplais.

Makna dari permaina tersebut yaitu, setiap orang diharapkan memiliki komitmen, kesabara, kerjasama, semangat, optimis, kerjas cerdas dan kekompakan. Permainan tersebut dibuat oleh panitia dalama rangka mengukur makna dibalik permainan tersebut. Ungkap Dr. Hj. Nurul Yakin.

Permainan lainnya yaitu, tarik tambang, ikuti gaya terbalik, sebut dan pegang, renang model, show fiktif, bunyi rubah dan salam kenal. Semua permainan tersebut berisikan dan sarat dengan nilai-nilai kepemimpinan dan materi edukasi bagi para peserta.

Diakhir kegiatan Dekan FITK dan Ketua Panitia kegiatan menyambut gembira kegiatan ini, karena terasa sukses dalam seluruh rangkaian acara. Begitu juga dengan salahsaeorang peserta utusan HMJ PGMI merasakan kebanggan tersendiri bisa dipilih dalam kegiatan tersebut, dan mengaku senang karena acaranya unik dan menarik Semoga ditahu yang akan datang bisa lagi mengiikuti acara ini, paparnya. ***chae

%d blogger menyukai ini: