Proses akreditasi adalah sebuah proses penjaminan mutu yang dikendalikan dengan standar, kebijakan, serta prosedur.  Untuk melaksanakan akreditasi, sebuah lembaga memerlukan asesmen mutu perpustakaan, penguatan proses operasional melalui pengembangan serta validasi standar. Bagi perpustakaan yang telah melalui proses akreditasi, maka akan terbangun kepercayaan publik mengenai kekuatan koleksi, jasa, dan sumber daya manusia, serta fasilitas lain yang memenuhi komitmen mutu perpustakaan.

Bagi perpustakaakreditasi-1an, kegiatan akreditasi mempunyai tujuan yang signifikan bagi perkembangannya. Tujuan pertama dari kegiatan akreditasi ini adalah untuk memperbaiki perpustakaan. Hal ini diperlukan bila hasil akreditasi masih kurang memenuhi standar. Bila hasil akreditasi sudah memenuhi standar, berbagai inovasi dan perbaikan masih dibutuhkan untuk terus berkembang sesuai dengan perkembangan IPTEK dan lembaga dimana perpustakaan berada.

Tujuan kedua dari kegiatan akreditasi perpustakaan adalah meningkatkan standar profesi pustakawan. Pustakawan adalah sebuah profesi yang sangat berkaitan dengan Tugas dan Fungsi sebuah Perpustakaan. Kegiatan akreditasi yang dilaksanakan di perpustakaan akan menjadi tolok ukur keberhasilan pekerjaan para pustakawan dalam mengelola, me-manage, dan melayankan sumber-sumber informasi yang ada di perpustakaan. Maka kegiatan akreditasi dapat menjadi alat evaluasi sekaligus pengakuan dalam keberhasilan para pustakawan mengelola perpustakaannya.

Tujuan ketiga dari kegiatan akreditasi adalah memberikan informasi bagi civitas akademika. Dengan akreditasi, maka civitas akademika akan mengetahui mutu dan kualitas perpustakaan yang digunakannya sebagai sarana untuk mencari bahan-bahan informasi dalam menunjang keberhasilan proses pendidikannya di sebuah perguruan tinggi.

Namun untuk melaksanakan kegiatan akreditasi perpustakaan, sebuah perpustakaan hendaknya melakukan kegiatan-kegiatan persiapan. Kegiatan  yang telah dilakukan oleh perpustakaan IAIN Mataram adalah kegiatan melengkapi sarana prasarana perpustakaan, melengkapi data-data bahan pustaka di perpustakaan, dan meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pemustaka.

Kegiatan akreditasi perpustakaan di IAIN Mataram dirasakan sangat perlu untuk dilakukan menyambut perubahan status IAIN Mataram menjadi UIN Mataram, selain juga pembukaan Program Doktor (S3) di Pascasarjana IAIN Mataram.

Suksesnya kegiatan ini tidak terlepas dari respon, kerjasama, dan partisipasi dari semua pihak yang telah terlibat aktif, baik secara langsung maupun tidak langsung, khususnya jajaran pimpinan IAIN Mataram dan APPTIS sehingga disetujuinya program ini. Semoga kegiatan ini dapat terlaksana dan sukses tanpa ada hambatan yang berarti. Oleh karena itu, atas segala bentuk partisipasi dan kerjasamanya yang baik, kami sampaikan terima kasih

%d blogger menyukai ini: