KEGIATAN BIMTEK DIGITALISASI SKRIPSI UPT PERPUSTAKAAN 2016

Kegiatan Digitalisasi perpustakaan IAIN Mataram sudah 3 kali berbunyi di DIPA Perpustakaan IAIN Mataram. Penekanan kegiatan digitalisasi setiap tahunnya berbeda. Pada tahun 2014, kegiatan digitalisasi difokuskan kepada alih media skripsi lama (skripsi jurusan Peradilan Agama dan Jurusan Kependidikan Islam. Jurusan tersebut sudah tidak ada lagi di IAIN Mataram karena beralih status menjadi Fakultas Tarbiyah dan Fakultas Syariah.

Pada Tahun 2015, UPT Perpustakaan telah melakukan beberapa kegiatan nyata dalam rangka menyiapkan bahan mentah untuk digitalisasi. Kegiatan tersebut adalah :

  1. Workshop SOP Pengolahan Informasi Digital. Kegiatan ini menghasilkan Standard Operation Procedures (SOP) untuk memproduksi file yang seragam yang akan diupload ke database Perpustakaan IAIN Mataram.
  2. Workshop Digitalisasi Bahan Pustaka dan Integrasi SliMs dengan Aplikasi SIAKAD.

Kegiatan di atas fungsinya adalah untuk memperkuat dan memantapkan fungsi Senayan Library Management Sistem (SliMs), Open source yang digunakan oleh Perpustakaan IAIN Mataram dengan SIAKAD yang digunakan sebagai sistem informasi akademik dan keuangan IAIN Mataram. Koneksi antara kedua sistem informasi ini akan memudahkan pegawai perpustakaan dalam melacak status mahasiswa yang menjadi user perpustakaan IAIN Mataram, apakah statusnya sudah Drop Out, cuti, atau masih aktif.

Selanjutnya pada tahun 2016, perpustakaan bermaksud melakukan kegiatan lanjutan sebagai proses follow-up agar proses penyiapan data mentah e-library perpustakaan IAIN Mataram dapat berjalan dengan baik. Kegiatan ini adalah kegiatan lanjutan dari proses digitalisasi skripsi mahasiswa yang pernah dilakukan pada tahun 2013. Dari Kegiatan alih media tersebut, diperoleh file-file skripsi mahasiswa. Kemudian pada tahun 2015 perpustakaan menyusun SOP Digitalisasi Bahan Pustaka untuk menyeragamkan format file skripsi serta aturan mem-publish file skripsi, agar terdapat keseragaman format bahan pustaka yang di-upload. Pada tahun 2015 website perpustakaan juga terbentuk dan terkoneksi dengan SIAKAD IAIN Mataram. Dan pada tahun 2016 perpustakaan akan melanjutkan proses digitalisasi bahan pustaka. Tujuannya adalah memperoleh e-files skripsi mahasiswa yang siap di-publish.

Untuk lebih memaksimalkan kegiatan digitalisasi skripsi mahasiswa di atas, maka kegiatan akan diperkaya dengan Bimtek pembuatan paket informasi digital. Kegiatan Bimtek ini bertujuan untuk peningkatan kemampuan dan ketrampilan staf perpustakaan dalam membuat, mengolah, dan mem-publish file berbentuk multi media di website perpustakaan. Hal ini dimaksudkan untuk memaksimalkan fungsi website perpustakaan sebagai sarana promosi, sarana informasi, dan sarana pembelajaran yang dapat digunakan oleh civitas akademika, khususnya di IAIN Mataram.

 

Pelaksanaan Kegiatan

Kegiatan Bimtek Digitalisasi Skripsi dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu :

  1. Bimtek Digitalisasi Skripsi Tahap I, dilaksanakan pada hari Jum’at s/d minggu tanggal 29 April s/d 1 Mei 2016. Kegiatan dibiayai dengan menggunakan dana dari DIPA Perpustakaan dan dilaksanakan di Hotel Surya Jl. Harimau No. 26 Mataram. Kegiatan ini menghasilkan 1650 e-file skripsi mahasiswa Fakultas Dakwah, Fakultas Syariah, dan Fakultas Tarbiyah jurusan PBA. E-files tersebut kemudian di-follow up oleh petugas digital Perpustakaan untuk diup-load ke OPAC perpustakaan IAIN Mataram.
  2. Bimtek Digitalisasi Skripsi Tahap II, dilaksanakan pada hari Sabtu s/d minggu tanggal 27 s.d 29 Mei 2016. Kegiatan dibiayai dengan menggunakan dana bantuan dari DIPA IsDB PIU IAIN Mataram dan juga akan dilaksanakan di Hotel Surya Jl. Harimau No. 26 Mataram. Kegiatan ini menghasilkan 2000an e-file skripsi mahasiswa Fakultas Tarbiyah jurusan PAI, IPS, IPA, MTK, PGMI. E-files tersebut baru dikumpulkan secara bertahap ke petugas digital Perpustakaan IAIN Mataram yang sedikit demi sedikit meng-upload nya ke OPAC Perpustakaan IAIN Mataram.
%d blogger menyukai ini: