BERITA PASCA. Minggu 13 Maret 2016. Hari ini rombongan tim visitasi program S3 di pascasarjana IAIN Mataram telah tiba. Kedatangan tim visitasi terrsebut yaitu dalam rangka memberikan penilaian, arahan dan bimbingan akan kelayakan IAIN Mataram menyelenggarakan program studi S3. Rombongan yang dipimpin oleh Prof. Dr. Ahmad Thib Raya, MA bersama Prof. Dr. H. Aziz fahrurrozi, MA. Dr. Muhammad Zain MA (Kepala Subdirektorat Pengembangan Akademik Direktorat Perguruan Tinggi Islam), dan Dr. Abdul Mukti Bisri, MA (Kepala Seksi Pembinaan Prodi Sub Direktorat pengembangan Akademik Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI).

Menurut Rektor IAIN Mataram, Dr. H. Mutawali, M.Ag di tempat kegiatan, sesungguhnya IAIN Mataram telah lama memiliki cita-cita untuk mendirikan program studi S3 Pendidikan Agama Islam (PAI) Interdisipliner . Hal ini dikarekan daya dukung SDM dan daya dukung sarana prasarana di IAIN Mataram telah terpenuhi. Layanan Wi-Fi tersedia, ruangan menggunakan AC, perpustakaan online, tenaga pendidikan representatif, pusat belajar terjangkau dan daya dukung lainnya. Demikikian juga dilihat dari geografis, NTB sebagai bagian dari kawasan timur Indonesia menganggap keberadaan S3 di NTB sebagai upaya strategis untuk membuka akses pendidikan bagi masyarakat kawasan Bali, NTB dan NTT. Sehingga berharap melanjutkan studi S3 tidak perlu jauh-jauh, cukup di Mataram saja, ucapnya.

Jika IAIN diridhai-NYA, tim visitasi menyatakan IAIN Mataram layak   untuk mendirikan program S3, maka secara langsung atau tidak langsung akan berdampak signifikan terhadap sosio ekonomi masyarakat NTB. Bagaimana tidak, akan banyak masyarakat luar daerah yang datang melanjutkan studi dan tinggal di Lombok, tentu secara ekonomi akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat Mataram. Lebih jauh, paparnya berharap semoga kedatangan para asesor hari ini memberikan pintu keberkahan bagi rencana IAIN Mataram mendirikan S3.

%d blogger menyukai ini: